Jurnal Penyesuaian Asuransi Dibayar dimuka dan Beban Perlengkapan

Konten [Tampil]
Jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka wajib dibuat oleh perusahaan supaya mempresentasikan jumlah biaya yang sebenarnya terjadi pada perusahaan pada akhir periode akuntansi. Akuntansi menggunakan prinsip akrual sehingga anda sebagai akuntan harus dapat membuat jurnal dimana jurnal tersebut akan mempresentasikan keadaan yang sebenarnya.

Jurnal penyesuaian terdiri dari sewa dibayar dimuka, asuransi dibayar dimuka, beban masih terutang dan pendapatan yang masih harus diterima. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat jurnal penyesuaian ya.

Contoh Jurnal Penyesuaian Asuransi Dibayar Dimuka

Contoh jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka akan mempresentasikan jumlah asuransi yang menjadi beban pada masa sekarang dan menjadi hak pada masa selanjutnya ya.


Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka harus dibuat oleh akuntan sehingga perusahaan dapat memberitahu bahwa jumlah yang menjadi beban sesungguhnya pada masa ini. Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka perusahaan dagang akan diperlukan sekali khususnya ketika asuransi yang dibayarkan telah dipergunakan selama setahun penuh ya.

Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka untuk 1 tahun bergantung kepada pada waktu kapan jurnal transaksi terjadi ya. Berdasarkan prinsip akuntansi bahwa semua biaya yang terjadi pada suatu bulan itu dianggap pemakaian selama satu bulan ya, sehingga tidak mengenal istilah baru setelah tanggal 15 diakui di bulan selanjutnya.

Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka yang belum terpakai akan saya berikan dalam bentuk contoh soal asuransi dibayar dimuka yaitu mas raffi sebagai pemilik PT rafinternet mengasuransikan mesin produksi dengan membayar premi asuransi sebanyak Rp 1.200.000 per 3 bulan yang dimulai pada bulan November 2020. Bagaimana cara mencatat jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka yang telah terpakai dan asuransi dibayar dimuka yang belum terpakai?

Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka yang telah jatuh tempo harus dibuat selama periode yang telah dilalui yaitu 2 bulan pada bukan November dan Desember. Sehingga Premi sebanyak Rp 1.200.000 dibagi menjadi Rp 400.000 perbulan ya dan yang menjadi beban asuransi adalah Rp 800.000. Untuk sisa Rp 400.000 akan menjadi hak pada periode selanjutnya ya.

Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka yang telah kadaluarsa atau telah terpakai yang harus dicatat oleh masraffi adalah sebagai berikut



Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
31 Desember 2020
Beban Asuransi
Rp 800.000


      Asuransi dibayar dimuka

Rp 800.000


Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka yang tersisa tidak perlu dibuat karena sebenarnya setelah kita melakukan jurnal penyesuaian maka akun asuransi dibayar dimuka telah mempresentasikan keadaan sebenarnya.
Baca Juga  Contoh Soal Kasus Sistem Informasi Akuntansi Mengenai Prosedur penerimaan barang dagang

Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka

Contoh jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka adalah perlengkapan. Perlengkapan adalah aset yang dipergunakan untuk menjalankan kegiatan operasi perusahaan.

Beban dibayar dimuka dalam jurnal penyesuaian akan mudah dilakukan karena tentunya perlengkapan akan habis ketiga digunakan ya, seperti kertas ketika kertas setelah dibeli maka akan mempresentasikan berapa jumlah kertas yang ada, akan tetapi ketika setelah digunakan maka kertas harus disesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya.

Jurnal penyesuaian beban perlengkapan akan saya berikan dalam bentuk contoh soal yaitu Pada tanggal 20 Desember 2020, mas raffi membeli perlengkapan seharga Rp 750.000 dan neraca saldo awal menunjukkan saldo Rp 450.000. Buatlah jurnal penyesuaian beban perlengkapan yang diperlukan?
Baca Juga Contoh soal pengauditan terhadap biaya dibayar dimuka / Prepaid expenses
Jurnal penyesuaian beban perlengkapan harus dilakukan sebagai berikut, jumlah yang tersisa pada akhir bulan sebesar Rp 600.000, maka jurnal yang harus dibuat sebagai berikut ini.



Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
31 Desember 2020
Beban Perlengkapan
Rp 600.000


      Perlengkapan

Rp 600.000


0 Response to "Jurnal Penyesuaian Asuransi Dibayar dimuka dan Beban Perlengkapan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel