Contoh Soal Pembagian Laba Rugi Persekutuan Firma

Konten [Tampil]
Contoh soal pembagian laba rugi persekutuan akan memberikan kemudahan dalam memprioritaskan siapa saja yang bertanggungjawab untuk menanggung rugi dan mendapatkan laba firma sekutu.

Contoh kasus pembagian laba banyak sekali metode yang dapat digunakan mulai dari berdasarkan modal awal bahkan rasio tertentu. Oleh karena itu, alangkah baiknya ketika persekutuan mulai didirikan sudah ada ketentuan yang membahas mengenai hal tersebut.


Contoh Soal Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Pertanyaan pembagian laba persekutuan yang paling susah adalah bagaimana cara menanggung kerugian yang dialami firma. Oleh karena itu, lebih baik laba dan rugi harus disetujui oleh para anggota firma sebelum kegiatan operasional firma berlangsung.

Pembagian laba selalu dikaitkan dengan kemampuan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya karena semua sekutu akan berusaha mendapatkan laba yang mampu untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.

Cara Menghitung Pembagian Laba Rugi Firma


Contoh soal kasus pembagian laba rugi persekutuan yaitu pada akhir tahun 2020 jumlah modal dari sekutu Raffi, OMraffi, Masraffi berjumlah Rp 400.000, Rp 200.000, Rp 300.000. Pada tahun 2020 mendapatkan laba sebesar Rp 240.000, buatlah jurnal apabila tidak ada ketentuan pembagian laba perusahaan dan jurnal apabila rasio pembagian laba adalah 4:2:1.
Baca Juga Perbedaan Antara Metode Goodwill dan Bonus pada Persekutuan

Cara Menghitung Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Laba Rugi Persekutuan dibagi Sama / Tidak ada Ketentuan Pembagian Laba

Laba rugi bagi persekutuan yang tidak mempunyai ketentuan pembagian laba adalah dibagi sama rata diantara para sekutu yang ada. Oleh karena itu, laba akan dibagi kepada tiga orang dimana masing-masing sekutu mendapatkan Rp 80.000.

Jurnal pembagian laba rugi dibagi sama atau tidak ada ketentuan pembagian laba yang harus dibuat oleh persekutuan adalah


Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit

Ikhtisar Laba Rugi
Rp 240.000


     Modal raffi

Rp 80.000

     Modal omraffi

Rp 80.000

     Modal masraffi

Rp 80.000

Baca Juga Contoh Soal Masuknya Sekutu Baru dalam Persekutuan Firma

Laba Rugi dibagi sesuai Rasio Perhitungan Laba Rugi

Cara menghitung pembagian laba rugi berdasarkan rasio perhitungan harus disesuaikan dengan persentase yang telah disetujui dalam akta pendirian firma. Berdasarkan hal tersebut maka pembagian laba rugi perusahaan sebesar 4:2:1 dengan pembagian modal Rp 120.000, Rp 60.000 dan Rp 30.000.

Jurnal pembagian laba sesuai dengan rasio perbandingan yang telah disepakati yang harus dibuat adalah

Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit

Ikhtisar Laba Rugi
Rp 240.000


     Modal raffi

Rp 120.000

     Modal omraffi

Rp 60.000

     Modal masraffi

Rp 30.000

Baca Juga Metode Pencatatan Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

0 Response to "Contoh Soal Pembagian Laba Rugi Persekutuan Firma"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel