Beberapa cara memberi TTD di file pdf

Kalian pasti sudah sangat tidak asing dengan file pdf? Ya file yang berisi dokumen meliputi tulisan dan gambar. Pdf sendiri kepanjangan dari portable document format. File pdf mirip dengan file ms. word namun jika sudah jadi versi pdf, dokumen tersebut sangat terbatas untuk bisa di edit. Tidak seperti file docx yang bisa di edit walau di mode proteksi.

Namun kabar baik nya tulisan di file ini masih bisa di copy paste, kecuali jika di mode proteksi. Buat kalian yang biasa membuat laporan / sesuatu yang formal dan ilmiah, pasti ada bagian membubuhkanttd dan stempel yang terkadang membuat bingung. Pada postingan kali ini mimin akan membagikan beberapa cara memberi ttd pada file pdf. Yuk di simak !

cara memberi ttd di file pdf

1. Lewat Adobe Reader

Adobe reader merupakan aplikasi yang di gunakan untuk membuka file format pdf. Selain membaca file pdf, aplikasi ini memungkinkan kalian mengedit pdf tersebut termasuk memberi ttd. Cara nya antara mudah dan rumit. Jika kalian buka adobe reader nya dari pc pilih ikon di bawah menu view.  Lalu kalian akan di minta menambahkan Text, jika sudah selesai klik ”Place Signature”. Lalu akan muncul pilihan yaitu ”Draw Signature” atau ”use an Image”. Jika memilih draw signature maka kalian di haruskan membuat ttd sendiri seperti gambar di paint. Namun jika memilih "use an image" kalian bisa pakai gambar/scan tanda tangan.

2. Nitro Pro 7

Aplikasi ini juga compatible dengan file pdf. Di aplikasi ini juga memungkinkan kalian memeberi ttd. Di menu home terdapat ikon " Quick signature". Klik manage signature lalu pilih gambar ttd yang sesuai dan sudah di edit. Lalu letakkan di posisi yang di inginkan. Double click, akan keluar notif jika sudah yakin di posisi tinggal klik oke, jika belum bisa pilih cancel. Ikon signature juga terdapat pada menu protect. Tapi langkah-langkah nya menurut ku sama si.

cara memberi ttd di file pdf

3. Dengan bantuan situs online

Selain dengan bantuan aplikasi offline, sekarang ini juga ada mayan banyak situs online yang memungkinkan kita memberi ttd di pdf. Seperti hipdf.com, smallpdf.com dan masih ada lagi. Namun hasil nya menurut mimin tidak memuaskan. Karena entah mengapa bagian gambar ttd yang ada di file terlihat tidak bersih dan terkadang terpotong.

3. Edit lewat android

Hal ini juga memungkinkan, namun kalian perlu menginstal aplikasi nya. Aplikasi jenis ini yang ada di playstore pun cukup banyak. Sebut saja Adobe fill and sign, SignEasy, Docusign, WPS fill and sign dan masih ada lagi. Kemungkinan cara pakai nya pun hampir sama. Kalian hanya perlu foto ttd yang di perlukan / menggambar secara manual.


nb :
Adobe yang di gunakan pada deskripsi yaitu adobe reader x 10.1.3
Tutorial tidak selalu berhasil pada setiap seri aplikasi
Penempatan menu pada setiap Versi aplikasi dapat berbeda-beda

0 Response to "Beberapa cara memberi TTD di file pdf"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel