Contoh Soal Perubahan Metode Penyusutan dalam Akuntansi

Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap dan Pembahasannya Perubahanan metode penyusutan merupakan tindakan perusahan mengubah estimasi umur manfaat aktiva tetap baik melalui penambahan masa manfaat atau tindakan perbaikan atas aktiva tersebut. Ketika perusahaan mempunyai aset tetap yang cepat aus atau rusak bahkan ketinggalan zaman maka perusahaan harus bisa mentaksir beban depresiasi secara tepat, serta beban depresiasi tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggai.



Perubahan Metode Penyusutan Periodik

Perubahan metode penyusutan periodik adalah perubahan karena kebijakan perusahaan dalam menilai taksiran sisa umur dan tambahan biaya atas aktiva tetap yang digunakan.
Baca Juga ✓ Metode Penyusutan Aktiva Tetap dalam Akuntansi beserta Rumusnya
Perubahan penyusutan aktiva tetap ini bisa saja terjadi karena keinginan perusahaan atau karena tuntutan dari lingkungan perusahaa yang membuat perusahaan mau tidak mau harus menyesuaikan aktiva yang dimilikinya.

Contoh Soal Perubahan Metode Penyusutan dalam Akuntansi

Contoh soal perubahan metode penyusutan dalam akuntansi akan memberikan gambaran mengenai bagaimana sih aktiva tetap bertambah umurnya ketika diperbaiki atau berkurang karena perubahan teknologi yang memaksa perusahaan melakukan penilaian ulang atas aktiva tersebut.


Contoh Soal Perubahan Metode Depresiasi dalam Akuntansi untuk dapat menetapkan sebuah umur taksiran baru maka perusahaan harus mampu menetapkan biaya perolehan baru yang berasal dari nilai sisa buku ditambah atau dikurang dengan tambahan atau pengurangan biaya perolehan tambahan aktiva tersebut dan selanjutnya mengalokasikan ke sisa umur manfaat yang tersisa.
Baca Juga Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap dan Pembahasannya

PT Rafinternet pada tanggal 1 januari 2019 memutuskan untuk memperpanjang umur manfaat dari kendaraan karena menurut perusahaan kondisi kendaraan tersebut masih cukup bagus. Perusahaan pada awalnya menggunakan metode penyusutan garis lurus dan nilai buku pada saat itu adalah Rp 45.000.000 dengan sisa umur manfaat 2 tahun. Berapakan jumlah beban depresiasi yang baru disesuaikan.

Nilai buku per 1 Januari 2019
Rp45.000.000
Umur Manfaat baru adalah 2+1
3
Depresiasi per tahun setelah direvisi
Rp 45.000.000 : 3 Tahun
Rp15.000.000

Nah cara menghitung perubahan metode penyusutan aktiva tetap telah saya sampaikan ya, semoga bermanfaat

0 Response to "Contoh Soal Perubahan Metode Penyusutan dalam Akuntansi"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel