Cara membuat saldo persediaan awal di myob

Persediaan barang dagang awal merupakan persediaan yang siap untuk dijual kepada konsumen. Persediaan terdiri dari 3 macam yaitu persediaan bahan baku, persediaan barang setengah jadi, dan persediaan barang jadi. MYOB biasanya digunakan untuk mencatat persediaan barang jadi dan jarang digunakan untuk mencatat akuntansi biaya ya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa saldo persediaan awal merupakan komponen yang sangat penting dalam melakukan kegiatan penjualan barang dagangan karena perusahaan hanya dapat beroperasi apabila terjadi pengeluaran pembiayaan dan pemasukan pendapatan ke dalam perusahaan. Jadi bagaimana cara memasukan saldo awal persediaan di MYOB.


Langkah untuk membuat input saldo awal persediaan di MYOB cukup mudah, yang perlu anda cari pertama kali adalah inventarisasi persediaan barang dagang yang anda digudang berserta harga yang melekat.

Kode Item
Kuantitas
Biaya
Nomer akun
CP
15
1.500.000
1-3300
HD
10
700.000
1-3300
MS
15
2.500.000
1-3300
Selanjutnya anda tinggal akses ke Command Centres > Inventory > Count Inventory

Cara membuat saldo persediaan awal di myob

BACA JUGA Set Up Data pelanggan, supplier, dan pegawai dalam card list di MYOB

Selanjutnya anda masukan jumlah persediaan barang yang tersedia di gudang, Kemudian anda klik Adjust Inventory, sehingga akan memunculkan kotak dialog baru anda tinggal klik Continue.

Cara membuat saldo persediaan awal di myob

Kemudian anda klik Opening Balances untuk memulai pembuatan jurnal penyeimbang.

Cara membuat saldo persediaan awal di myob

Selanjutnya anda masukan harga per unit dari persediaan barang tersebut, jangan lupa anda setting tanggal pada tanggal 1/1/2018 dan nomer fakturnya ya.

Cara membuat saldo persediaan awal di myob


Nah Saldo persediaan barang dagang awal sudah siap untuk digunakan kok, silahkan anda cek dengan menekan kombinasi tombol CTRL + R yang berfungsi untuk menjalankan fungsi Recap Transaction.

0 Response to "Cara membuat saldo persediaan awal di myob"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel