Materi Aspek pasar dan pemasaran dalam manajemen pengantar

  • Aspek Pasar dan Pemasaran.

a.       Bentuk Pasar
Bentuk pasar produsen yang dipilih adalah pasar persaingan sempurna, hal ini dapat ditunjukkan dengan hal-hal yaitu terdapat banyak produsen dan penjual dapat dengan mudah masuk dalam pasar, serta produk yang dijual homogen.
Bentuk pasar konsumen yang dipilih adalah pasar industri, hal ini dapat ditunjukkan dalam hal penjualan produk yang dihasilkan, perusahaan  menjual kepada perseorangan atau perusahaan untuk dijual maupun dikonsumsi sendiri.
b.      Leader atau Follower
Perusahaan yang dikelola oleh bapak sutarwi ini merupakan perusahaan follower, karena perusahaan memproduksi produk yang sama dengan pesaing yaitu bakso dan tahu.
c.       Marketing Mix produk
a.       Product
Produk utama yang dihasilkan oleh perusahaan adalah bakso dan tahu, beserta variasi dari produk utama tersebut. Perusahaan menggunakan sistem akuntansi biaya yang berdasarkan proses, hal ini dapat dilihat dari aktivitas perusahaan yang tiap hari beroperasi walaupun tidak ada permintaan.
b.      Price
Harga produk yang dijual oleh bapak sutarwi adalah variasi, ada produk yang berharga Rp 7500 yang berisikan 30 buah, dan ada yang berharga Rp 2500 yang berisi 12 buah. Perusahaan juga melayani berbagai jenis bakso ada yang murah, biasa, luar biasa, dan spesial. Semakin tinggi harganya perusahaan akan menjamin bahwa produk yang dimakannya semakin nikmat.
c.       Place
Perusahaan terletak didesa
d.      Promotion
Perusahaan belum melakukan promosi yang besar-besaran, promosi yang dilakukan perusahaan hanya melalui mulut ke mulut. Walaupun demikian menurut pak sutarwi, bagaimanapun bentuk promosi tetapi produk yang dipromosikan itu tidak memiliki kualitas baik maka konsumen pun tidak akan membeli.
e.      People
Pihak yang terlibat dalam proses produksi antara lain adalah para karyawan, baik juru masak, bagian penggilingan, bagian pengemasan dan sampai bagian pengantaran. Semua devisi yang ada dalam perusahaan itu sendiri diawasi secara langsung oleh bapak sutarwi sendiri.
f.        Process
g.       Physical evidance
Perusahaan yang dikelola oleh bapak sutarwi ini akan bertanggungjawab mengenai produk yang dibuatnya. Hal yang telah dilakukan oleh bapak sutarwi adalah memasukkan tanggal kadaluarsa kedalam produk tersebut, dan juga bapak sutarwi menerima keluhan serta kritik terhadap produk yang dibuatnya itu.
d.      Perkiraan permintaan dan penawaran produk
Permintaan akan produk yang dibuat oleh perusahaan terhadap produk yang lain yang sejenis dapat dikatakan lumayan. Untuk menambah permintaan akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan, bapak sutarwi selalu mengutamakan rasa akan produk yang diciptakannya. Menurutnya dengan cara tersebut konsumen akan dapat mengenali produk yang dibuat oleh perusahaan yang dipimpin oleh bapak sutarwi tersebut. Dalam hal penawaran produk, perusahaan menargetkan produk kepada konsumen dalam segala jenis usia. Mulai dari anak SD, SMP, SMA, bahkan Anak Kuliah pun tak luput dari penargetan penjualan oleh bapak sutarwi tersebut.
e.      Situasi persaingan di lingkungan industri
Menurut bapak sutarwi ketika kelompok kami melakukan wawancara, semua industri pasti ada yang suka ada yang tidak suka, yang suka akan menjadi pelanggan, dan yang tidak suka akan menjadi saingan. Menurut beliau, industri makanan merupakan industri yang banyak pesaingannya, karena disamping bersaing dengan produk sejenis juga kita bersaing dengan produk yang beda jenis lain yang juga merupakan pesaing produk perusahaan. Bahkan disekitar perusahaan beliau ada 7 perusahaan pesaing yang akan dapat mematikan usaha yang beliau geluti tersebut.
f.        Sikap, perilaku, dan kepuasan konsumen
        Sikap konsumen setelah mengkonsumsi produk beliau ada yang senang dan ada yang tidak suka. Konsumen yang suka terhadap produk perusahaan akan menjadikan perusahaan menjadi langganan. Untuk konsumen yang belum puas tentang produk yang dihasilkan perusahaan dapat menghubungi perusahaan lewat bagian sales. Yang dapat mengajukan mengenai keluhan terhadap produk perusahaan maupun yang lainnya.

0 Response to "Materi Aspek pasar dan pemasaran dalam manajemen pengantar"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel