cara menghubungkan blogspot / blogger dengan domain sendiri dan freenom

Konten [Tampil]
Domain merupakan nama folder kita ketika kita berinteraksi dengan website. Kita dapat mengakses website kita dengan menggunakan domain, domain dapat diibaratkan sebagai tempat dimana file-file atau script kita disimpan untuk diakses. Untuk dapat menyimpan file atau script kita membutuhkan yang namanya hosting. Untuk anda yang membeli domain hanya untuk keperluan blog atau berbagi informasi maka sebaiknya menggunakan layanan blogspot atau bloger milik google.

cara menghubungkan blogspot / blogger dengan domain sendiri dan freenom


Ketika kita membuat blog di blogspot maka ektensi dari domain kita adalah sub domain dari blogspot, misalnya blog anda bernama rafinternet maka ekstansinya adalah rafinternet.blogspot.com. Lebih sulit dihafal apalagi sudah diketahui bahwa blogspot itu gratis sehingga menjadikan anda kelihatannya kurang professional ya.

Untuk anda yang ingin memiliki alamat blogspot dengan domain sendiri anda tentunya membutuhkan yang namanya domain. anda dapat membelinya melalui domainesia disitu banyak sekali promo ya. setelah anda membeli nanti akan saya berikan cara mengganti domain blogspot dengan domain sendiri secara mudah.

Cara mengganti domain blogspot dengan domain freenom atau domain sendiri.

a. Anda dapat mengakses blogger anda terlebih dahulu. Kemudian anda cari setelan ya.

cara menghubungkan blogspot / blogger dengan domain sendiri dan freenom

b. Kemudian anda pergi ke setelan dasar > alamat blog > setelah domain pihak ketiga > lalu input url domain anda disana ya.


c. Salinlah code khusus yang diberikan tersebut ya, setiap website mempunyai beberapa settingan yang berbeda.
d. Pergi ke dashboard hostinga dan domain anda, disini saya menggunakan domain di domainesia ya, kemudian anda pergi ke settingan DNS manager.
e. Anda harus membuat settinga A record. Disini kita harus mengarahkan Ip dari blogspot yang kita miliki ke domain kita ya. caranya anda isikan hostname atau Ip address dari blogger ke domain kita. Ip address dari blogspot adalah sebagai berikut

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Setelah selesai anda tinggal save atau simpan ya

f. Menambah CNAME 
kode khusu yang anda masukan tadi harus di setting ke domain anda melalui cname ya, masing masing memiliki code yang berbeda.


g. Kembali lagi ke setelan tadi. Anda pilih setelan > dasar > siapkan url pihak ketiga > masukan domain anda yaa

h. Tunggu proses resolve domain ke blogger prosesnya paling lama 24 jam saja.

Demikianlah cara menghubungkan domain ke blogspot, domain anda dapat membeli dari domainesia atau mencari gratis dari freenom, ketika anda mencari gratis siap siap bahwa domain tersebut akan untuk perpanjangan ya.

0 Response to "cara menghubungkan blogspot / blogger dengan domain sendiri dan freenom"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel