Contoh Jurnal Piutang Dagang dalam Akuntansi Keuangan Menengah

Konten [Tampil]

Contoh jurnal piutang dagang dalam akuntansi keuangan menengah merupakan prosedur yang dilalui perusahaan dalam rangka mendapatkan omzet penjualan. Omzet penjualan adalah seluruh kas yang akan diterima perusahaan dari aktivitas penyerahan barang dan jasa kepada pelanggan sesuai target yang ditentukan.

Contoh soal piutang dagang dan piutang wesel dalam akuntansi akan menerapkan prinsip nilai waktu dari uang. Rasio perputaran piutang menentukan jumlah modal kerja yang dibutuhkan perusahaan. Setiap perusahaan akan menyelenggarakan promosi dan recall untuk mempercepat penyaluran barang ke distributor.

Bagaimana cara menghitung piutang dagang, piutang wesel dan piutang usaha diperlukan agar perusahaan tidak mengalami kerugian saat menyepakati harga jual. Klasifikasi piutang adalah seluruh tagihan yang dibebankan kepada pelanggan atas pemakaian jasa dan layanan yang diatribusikan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Jurnal Piutang Dagang dalam Akuntansi Keuangan Menengah

Pengertian dan Klasifikasi Piutang

Pengertian piutang dagang menurut para ahli adalah seluruh komponen informasi keuangan atas tagihan yang telah diberikan kepada pelanggan. Pemesanan produk dan jasa oleh pelanggan berakibat pada perpindahan hak milik dan hak manfaat memakai aset sesuai keperluan perusahaan saat diatribusikannya.

Klasifikasi piutang dagang terdiri dari seluruh komponen informasi keuangan yang ditujukan untuk perkembangan bisnisnya. Akun piutang dicatat dalam akun riil dan akun aktiva. Akun riil adalah akun yang digunakan untuk beberapa periode menyesuaikan kebutuhan perusahaan saat pelaksanaan penagihannya.

Contoh jurnal piutang dagang dalam akuntansi keuangan menengah diwajibkan bagi entitas untuk mengakumulasikan kegiatan perdagangan. Jual beli adalah transaksi penyerahan sejumlah kas yang digantikan dengan barang sejenis sesuai kesepakatan saat kontrak kerjasama ditandatangani pejabat perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Hutang Usaha dan Jawabannya

Contoh Kasus Piutang Dagang dan Piutang Wesel di Perusahaan

Contoh kasus piutang dagang dan piutang wesel di perusahaan manufaktur dan dagang bertujuan agar penagihan perusahaan dilakukan sesuai prosedurnya. Macam-macam piutang terdiri dari seluruh penjualan yang belum dibayarkan oleh pelanggan ditambah dengan kewajiban jangka pendek belum terselesaikan.

Contoh soal piutang dagang, piutang wesel dan piutang lainnya dalam akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah diwajibkan agar seluruh komponen keuangan perusahaan disesuaikan kontribusinya. Setiap perusahaan diharapkan mampu memberikan kepastian tentang jumlah pembayaran tagihannya.

Contoh kasus piutang dagang dan piutang wesel di perusahaan terjadi ketika PT Rafinternet menyepakati penjualan jasa secara kredit senilai Rp 42.000.000. Pelunasan tagihan akan dilakukan dengan termin 2/10 n/30. Bagaimana cara mencatat jurnal piutang dagang sesuai standar akuntansi keuangannya?

Baca Juga: Cara Mencari Nilai Piutang Dagang dari Invoice Pembelian

Bagaimana Cara Membuat Jurnal Piutang Dagang yang Benar

Cara membuat jurnal piutang dagang yang benar diwajibkan menyesuaikan kebutuhan perusahaan selama satu periode. Termin pembayaran adalah dasar bagi staff keuangan menentukan masa jatuh tempo tagihannya. Setiap perusahaan diperkenankan memberikan kebijakan penjualan tunai dan kredit ke pelanggan.

Cara menghitung rasio perputaran piutang dagang diperlukan agar working capital atau modal kerja perusahaan disesuaikan kebutuhannya. Apa saja yang termasuk piutang dalam akuntansi pengantar adalah wesel tagih, wesel bayar, piutang pelanggan, piutang karyawan dan seluruh komponen keuangan lainnya.

Bagaimana cara membuat jurnal piutang dagang dan piutang wesel dalam akuntansi keuangan menengah perlu memastikan adanya termin pembayaran. 2/10 n/30 artinya perusahaan memberikan diskon kepada pelanggan yang mampu membayarkan tagihan 2 hari sejak pengiriman barang diselenggarakan.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
02/03/2023Piutang Dagang Rp 46.620.000
Pendapatan Lain-lain Rp 42.000.000
PPN Keluaran Rp 4.620.000

Jurnal pelunasan piutang dagang tanpa diskon akan terjadi ketika pembayaran melampaui masa termin pembayaran. Adapun jurnal pelunasan piutang usaha yang harus dibuat adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
17/03/2023Kas Rp 45.780.000
PPh Pasal 23 Dibayar Dimuka Rp 840.000
Piutang Dagang Rp 46.620.000

Baca Juga: Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Akuntansi Piutang Usaha

Demikian contoh jurnal piutang dagang dalam akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Setiap pelunasan tagihan harus didukung bukti pembayaran yang sah seperti cek, rekening koran dan kas kecil. Piutang diakui sejumlah tagihan yang diperkirakan mampu dibayarkan oleh pelanggan secara tepat waktu.

0 Response to "Contoh Jurnal Piutang Dagang dalam Akuntansi Keuangan Menengah"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel