Contoh Soal Perolehan Aset Tetap dengan Membangun Sendiri

Konten [Tampil]

Contoh soal perolehan aset tetap dengan membangun sendiri merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mendapatkan aktiva sesuai nilai peruntukkannya. Nilai buku dan harga jual merupakan komponen utama dalam rangka perusahaan menetapkan biaya depresiasi sesuai masa manfaat yang ditetapkan.

Contoh perhitungan ppn kms kegiatan membangun sendiri bertujuan agar setiap pengusaha kena pajak memungut pajak pertambahan nilai atas nilai ekonomis yang muncul dari pembangunan Gedung dan tempat tinggal. Dasar pengenaan pajak adalah harga yang ditetapkan sesuai ketentuan umum perpajakan.

Bagaimana cara menghitung harga perolehan tanah dan bangunan dapat menyesuaikan yang berlaku. Kategori aktiva tetap dapat menjadi pedoman bagi entitas ketika menetapkan umur manfaat aset sesuai nilai peruntukkannya. Penyusutan dapat terjadi setiap bulan sesuai jangka waktunya.

Contoh Soal Perolehan Aset Tetap dengan Membangun Sendiri

Komponen Harga Perolehan Tanah dan Bangunan

Komponen harga perolehan tanah dan bangunan harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan yang dibuat perusahaan. Neraca saldo menggambarkan setiap pertumbuhan ekonomis yang didapatkan perusahaan untuk menciptakan aliran pendapatan dan biaya sesuai keinginan pemegang saham.

Contoh soal perolehan aset tetap dengan membangun sendiri tidak diperkenankan menggunakan nilai wajar aset sejenis di pasar. Biaya pembangunan sendiri aktiva tetap dapat diatribusikan sesuai total material, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dalam rangka menciptakan aset tetap sejenis.

Komponen harga perolehan tanah dan bangunan perlu mempertimbangkan segala konsekuensi bisnis. Perusahaan manufaktur memerlukan mesin dalam rangka mengubah bahan baku sesuai spesifikasi produk yang hendak diperdagangkan dan produk yang ingin dipesan oleh para pelanggannya.

Baca Juga: Perbedaan Metode Garis Lurus, Saldo Menurun Berganda dan Unit Produksi

Contoh Soal Perolehan Aset Tetap dengan Membangun Sendiri

Contoh soal perolehan aset tetap dengan membangun sendiri harus dilakukan penyetoran pajak pertambahan nilai. PPn membangun sendiri berdasarkan pasal 16c uu ppn mewajibkan adanya penyetoran paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya dan dilaporkan dalam spt masa paling lambat akhir bulan berikutnya.

Contoh soal harga perolehan aktiva tetap dengan membangun sendiri berbeda dengan pembelian tunai dan kredit. Pembelian tunai artinya perusahaan menggunakan aset lancar dalam rangka membeli aktiva tetap untuk digunakan dalam proses produksi agar kuantitas dan kualitas produk dipertahankan.

Contoh soal perolehan aset tetap terjadi ketika PT Rafinternet menyetujui adanya kegiatan membangun sendiri kantor pemasaran dengan biaya tenaga kerja Rp 56.000.000 dan biaya bahan baku Rp 223.000.000. Berapakah nilai perolehan aktiva tetap dan berapakah nilai ppn membangun sendiri yang terutang?

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Manufaktur di Accurate Enterprise

Cara Menghitung PPN Membangun Sendiri Berdasarkan UU PPh Pasal 16C

Cara menghitung ppn membangun sendiri berdasarkan uu pph pasal 16c harus mengaplikasikan setiap perhitungan komponen perusahaan. Seluruh kekayaan perusahaan wajib diperhitungkan sebagai pendapatan dan terutang pajak penghasilan ketika melaporkan spt tahunan orang pribadi dan badan usaha.

Contoh soal cara menghitung harga perolehan aktiva tetap wajib mengatribusikan setiap pengeluaran kas di perusahaan. Biaya depresiasi, nilai buku, nilai residu menjadi factor-faktor yang mempengaruhi masa manfaat sesuai kategori aset tetap dalam pajak. Aset tetap di perpajakan dikategorikan menjadi 4 macam sesuai umur manfaatnya yaitu 4, 8, 16 dan 20 tahun.

Tarif dan Cara Menghitung PPn Kegiatan Membangun Sendiri

Rumus PPn membangun sendiri = (20% * Total Biaya Pembangunan) * 11%
Rumus PPn membangun sendiri = Rp 6.138.000

Jurnal Pengakuan Aset Tetap Membangun Sendiri

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2022Bioskop Rp 279.000.000
Biaya Bahan Baku Rp 223.000.000
Biaya Tenaga Kerja Langsung Rp 56.000.000
(Jurnal harga perolehan aset tetap membangun sendiri)

Jurnal Pembayaran Kode Billing PPN Kms

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2022PPN Membangun Sendiri Rp 6.138.000
PPN Keluaran Rp 6.138.000
(Jurnal pengakuan ppn membangun sendiri)
16/10/2022PPN keluaran Rp 6.138.000
Kas Rp 6.138.000
(Jurnal pembayaran kode billing ppn kms)

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Perolehan Aset Tetap dengan Wesel Tagih

Demikian contoh soal perolehan aset tetap dengan membangun sendiri sesuai aturan perpajakan dan standar akuntansi keuangan. Syarat ppn membangun sendiri adalah memiliki luas bangunan sebesar 200 meter persegi. Jasa yang tidak dikenakan ppn terdiri dari jasa pendidikan, kesehatan, keuangan dan dokter.

0 Response to "Contoh Soal Perolehan Aset Tetap dengan Membangun Sendiri"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel