Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Perhitungannya

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan perhitungannya merupakan cara yang dilakukan perusahaan dalam rangka mendapatkan informasi perihal aliran kas di masa depan. Setiap perusahaan berhak mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan untuk membantu pembiayaan produksi satu periode.

Bagaimana cara menentukan jumlah piutang tak tertagih dapat dimulai dengan aktivitas bisnis yang didapatkan perusahaan. Setiap perusahaan harus menilai ulang seluruh pembiayaan yang telah dilaksanakan guna mencegah pemakaian dana yang tidak mendapatkan persetujuan dari pejabat perusahaan yang berwenang.

Cara membuat skedul umur piutang tak tertagih dapat dialokasikan secara maksimal untuk keperluan pembiayaan perusahaan. Tujuan penjualan kredit adalah meningkatkan omzet perusahaan dimasa depan guna mempermudah aliran kas dan setara kas untuk mendapatkan kepastian pembiayaan yang diselenggarakannya.

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Perhitungannya

Apa yang Dimaksud Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berakibat pada nilai aliran kas dan setara kas yang didapatkan perusahaan. Bagaimana cara mengurangi nilai piutang dilakukan berdasarkan tingkatkan bisnisnya. Imbal balik atas piutang diberikan berdasarkan kas, aktiva tetap dan liabilitas sejenisnya.

Pengertian penyisihan piutang tak tertagih adalah cadangan yang dibentuk perusahaan sebagai upaya menanggulangi kerugian yang diakibatkan ketidakmampuan pelanggan membayarkan kas. Setiap perusahaan berhak mengadakan tambahan informasi berdasarkan kesesuaian bisnis yang diselenggarakannya.

Apa yang dimaksud penyisihan piutang tak tertagih adalah informasi mengenai pengurangan keuntungan ditahun berjalan dalam rangka mengalokasikan biaya kerugian yang diakibatkan ketidakmampuan pelanggan membayarkan tagihan dan kesalahan penilaian credit score selama satu periode.

Baca Juga: Langkah-Langkah Menentukan Termin Pembayaran Pelanggan

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Piutang Tak Tertagih

Contoh soal jurnal penyesuaian piutang tak tertagih diberikan sebagai upaya mempertahankan kemampuan perusahaan dalam berbisnis. Setiap entitas diharapkan mampu memberikan informasi keuangan yang didapatkannya selama operasional berlangsung berdasarkan pertimbangan bisnis yang diselenggarakannya.

Bagaimana cara menentukan jumlah piutang tak tertagih dapat didasarkan pada kesepakatan antara perusahaan dengan pelanggannya. Termin pembayaran akan menentukan kapan batas waktu tagihan dapat dibayarkan sesuai perjanjian yang telah disepakati dalam bisnis setelah penyerahan barang kena pajak.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan perhitungannya dapat terjadi pada perusahaan jasa dan dagang. Setiap perkembangan perusahaan harus menyertakan alasan membagikan dividen kepada para pemegang saham untuk menilai keberlangsungan hidupnya. Adapun rincian data piutang PT Rafinternet adalah

TanggalNama PerusahaanTermin Total tagihan
06/08/2022PT Bundan/30 Rp 5.826.000
01/10/2022PT Ayahn/30 Rp 2.649.000
20/11/2022PT Adekn/30 Rp 9.584.000

Baca Juga: Cara Membuat Skedul Umur Piutang dari Tagihan Perusahaan

Jurnal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih

Bagaimana cara mencatat jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih dapat diselenggarakan secara wajar untuk menentukan aliran kas dan setara kas yang didapatkan perusahaan. Setiap entitas diwajibkan melaporkan setiap perkembangan perusahaan dalam bentuk laporan posisi keuangan setiap periodenya.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan perhitungannya dapat dikembangkan sebagai dasar penentuan kualitas pembayaran dari pelanggan. Penjualan kredit dijadikan alasan bagi pelanggan dalam rangka menentukan credit score yang didapatkan selama operasionalnya berjalan dan perkembangannya.

Jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih wajib diatribusikan dengan metode langsung. Penghapusan piutang secara langsung berakibat pada penurunan nilai penjualan perusahaan. Bagaimana cara menentukan jumlah piutang tak tertagih dapat didasarkan pada persentase penjualan atau tagihan yang telah jatuh tempo.

Jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih yang dinilai 5% dari tagihan jatuh tempi sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Beban Kerugian Piutang Rp 902.950
Cadangan Kerugian Piutang Rp 902.950

Baca Juga: Ketentuan Cadangan Kerugian Piutang Menurut Pajak

Demikian contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan perhitungannya membawa keberlangsungan usaha perusahaan bertambah. Pemakaian laporan keuangan berakibat pada penambahan modal dari pemegang saham untuk menentukan kualitas pembayaran tagihan entitas yang telah berjalan.

0 Response to "Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Perhitungannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel