Cara Export Import Accurate 5 dan Online ke E-Faktur

Konten [Tampil]

Cara export import accurate 5 dan online ke e-faktur pajak merupakan aktivitas mempersingkat waktu pencatatan dan pembuatan faktur pajak keluaran perusahaan. Proses input faktur pajak memerlukan informasi tentang npwp, barang dan jasa kena pajak serta harga jual beli yang disepakati dengan lawan transaksi.

Langkah-langkah membuat file csv spt masa ppn dan pph bertujuan untuk memudahkan pelaporan pajak milik perusahaan. Faktur pajak keluaran harus dibuat ketika wajib pajak memungut ppn atas barang yang diperjualbelikannya kepada lawan transaksi mengikuti kebijakan akuntansi yang berterima umum di entitas.

Bagaimana cara export import ppn di accurate 5 dan accurate online ke aplikasi e-faktur pajak pertambahan nilai? apa kegunaan menu e-faktur dan e-spt pph di accurate? bagaimana cara menggunakan fitur pembelian, penjualan dan persediaan barang untuk membuat laporan keuangan perusahaan dagang? simaklah materinya

Cara Export Import Accurate 5 dan Online ke E-Faktur

Fungsi Menu E-faktur dan E-spt di Accurate Online dan Accurate 5

Fungsi menu e-faktur dan e-spt di accurate online dan accurate 5 adalah memperhitungkan total pemungutan pajak yang harus disetorkan ke kas negara dalam waktu yang ditentukan. Batas maksimal pelaporan spt masa adalah akhir bulan berikutnya dan wajib disetorkan ke kas negara setiap akhir bulan.

Fitur e-faktur di accurate berfungsi memastikan bahwa pemungutan ppn dapat disetorkan secara akurat setiap periodenya. E-spt akan membantu wajib pajak badan melaporkan total kekayaan yang didapatkannya dari aktivitas bisnis selama menjalankan kegiatan operasionalnya setiap tahun fiskal berjalan.

Apa fungsi menu e-faktur di accurate adalah memberitahukan nomor seri faktur pajak atas pajak masukan dan pajak keluaran yang tercatat. E-spt pph pada accurate bertujuan agar dapat memperhitungkan berapakah jumlah pajak penghasilan badan yang harus dipotongkan setiap akhir tahun fiskal selama menjalankan aktivitas bisnisnya.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas dan Jurnal Pengeluaran Kas

Cara Import dan Export PPn dari Accurate 5 ke E-Faktur

Cara import dan export ppn dari accurate 5 ke e-faktur merupakan aktivitas mempermudah proses input faktu pajak keluaran dan masukan. Tujuan pembuatan faktur pajak adalah memastikan bahwa lawan transaksi telah melaporkan dan memungut ppn yang telah dibayarkan oleh lawan transaksi setiap penjualan terjadi.

Langkah-langkah import dan export ppn dari accurate online ke e-faktur harus dijalankan untuk memastikan aktivitas bisnis berjalan. Fitur yang digunakan untuk melibat barang dan jasa terdapat pada menu persediaan. Persediaan memuat informasi barang yang diperdagangkan untuk mendatangkan keuntungan.

Cara export import accurate 5 ke e-faktur harus melengkapi informasi awal tentang lawan transaksi. Input faktur pajak berisikan informasi tentang harga jual yang disepakati, jumlah barang yang diserahkan dan npwp. Adapun cara import pajak pertambahan nilai (ppn) di accurate ke aplikasi e-faktur pajak adalah

  1. Siapkan NPWP lawan transaksi
  2. Masuk ke menu Pelanggan atau Pemasok
  3. Isilah informasi sesuai NPWP dan Pastikan mengaktifkan kode pajak
  4. Isilah nomor seri faktur pajak keluaran di accurate
  5. Dilanjutkan dengan input faktur penjualan dan faktur pembelian barang
  6. Masuk ke menu e-faktur 
  7. Pilih menu export pajak keluaran
  8. Simpan file csv yang dibuat.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Aset Tetap di Accurate Dekstop

Cara Menghubungkan Accurate Online dengan E-Faktur Pajak Keluaran

Cara menghubungkan accurate online dengan e-faktur pajak pertambahan nilai bertujuan agar akuntan tidak perlu melakukan pencatatan kedua kalinya atas transaksi tersebut. Nomor seri faktur pajak diberikan untuk setiap perusahaan yang telah melaporkan spt masa ppn secara tepat waktu sesuai periodenya.

Cara mengaktifkan e-faktur pada accurate online akan memudahkan pelaporkan spt masa ppn. Pajak pertambahan nilai adalah pajak yang dipungut atas penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak selama menjalankan aktivitas bisnis. Batas akhir pelaporan spt masa ppn adalah akhir bulan berikutnya.

Bagaimana cara input barang dan jasa baru di accurate harus disesuaikan dengan nama barang yang tercantum pada e-faktur pajak. Hal-hal yang dapat dilakukan dengan software accurate 5 adalah rekonsiliasi bank, jurnal penerimaan dan pembayaran kas, jurnal pembelian dan penjualan barang kena pajak.

Baca Juga: Cara Menganalisis Transaksi dan Pencatatan dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Demikian cara export import accurate 5 dan online ke e-faktur pajak pertambahan nilai dalam materi komputer akuntansi. Software accurate merupakan aplikasi akuntansi yang bertujuan sebagai pembuatan laporan keuangan dan laba rugi dengan menerapkan prinsip matching cost again revenue.

0 Response to "Cara Export Import Accurate 5 dan Online ke E-Faktur"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel