Pengertian Efisien, Efektif dan Ekonomis Dalam Manajemen

Konten [Tampil]

Pengertian efisien, efektif dan ekonomis dalam manajemen perlu dipertimbangkan dalam menjalankan kegiatan operasional guna melakukan penghematan terhadap sumber daya perusahaan. Definisi audit manajemen dan audit keuangan harus diketahui perbedaannya guna mendapatkan bukti audit yang tepat dalam menentukan temuan audit dan opini yang diberikan.

Tahapan audit manajemen perlu dilakukan dengan mempertimbangkan penilaian performa manajemen dan fungsi-fungsi diperusahaan yang terlibat. Tujuan utama audit manajemen adalah melakukan efisiensi, efektivitas, ekonomis dari setiap kegiatan yang telah dilakukan oleh perusahaan berdasarkan anggaran yang telah ditetapkan.

Perbedaan audit manajemen dan audit keuangan berdasarkan tujuannya yaitu audit keuangan berkonsentrasi pada penilaian kewajaran pos laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif. Persamaan antara audit keuangan dan audit manajemen mengharuskan auditor mempertahankan sikap independensi dalam fakta, independensi dalam penampilan bahkan independensi dalam pikiran.

Pengertian Efisien, Efektif dan Ekonomis Dalam Manajemen


Pengertian Efisien, Efektif dan Ekonomis dalam Manajemen

Pengertian Efisien Menurut Para Ahli

Pengertian efisien menurut para ahli adalah perusahaan dapat membuat hasil produksi yang lebih banyak dengan jumlah sumber daya yang sama. Adanya manfaat yang diperoleh ketika menggunakan sumber daya operasional untuk menjalankan kegiatan produksi sehingga efisiensi adalah rasio antara input dan output yang didapatkan.

Pengertian Efektif Menurut Para Ahli

Pengertian efektif menurut para ahli adalah perusahaan dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai tanpa memerdulikan biaya yang telah dikeluarkan. Efektif dalam manajemen akan mengukur tingkat keberhasilan suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Pengertian Ekonomis Menurut Para Ahli

Pengertian ekonomis menurut para ahli adalah perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit dari yang seharusnya dikeluarkan. Ekonomis dalam manajemen diartikan sebagai cara menggunakan sumber daya secara bijak dan hati-hati untuk mencapai tujuan dengan biaya yang murah tanpa merusak mutunya.

Baca Juga: Tahapan dalam Melakukan Audit Manajemen

Tahap-Tahapan Manajemen Audit

Tahap-tahapan manajemen audit perlu diketahui agar pemeriksa dapat menentukan tujuan pemeriksaan dan mempertahankan sikap independensi serta sikap kompetensi yang dimilikinya ketika pemeriksaan dilakukan. Standar atau kriteria dalam audit manajemen akan ditentukan oleh pihak manajemen perusahaan berdasarkan peraturan pemerintah atau peraturan asosiasi.

Jelaskan tahap-tahapan audit manejemen dimulai dari adanya planning, evidance accumulation and evaluation, reporting and follow-up. Pelaksanaan audit manajemen harus dipimpin oleh orang yang berkompeten dan disupervisi oleh orang yang telah berpengalaman dalam bidang audit atau pemeriksaan laporan keuangan.

Tahap-tahapan audit manajemen dimulai dengan mendapatkan informasi umum tentang latar belakang organisasi, struktur organisasi, jumlah karyawan dan kewajiban hukum, kebijakan operasional manajemen dan kebijakan akuntansi, akta pendirian dan perubahan yang telah dilakukan dan harus disahkan oleh menteri hukum dan ham.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Peristiwa Setelah Tanggal Neraca

Fungsi Departemen Yang Harus Diperiksa Ketika Audit Manajemen

Tujuan umum audit manajemen adalah memeriksa fungsi departemen dalam perusahaan apakah telah menjalankan kriteria yang ditentukan oleh peraturan perusahaan atau peraturan asosiasi sesuai prinsip efisien, efektif dan ekonomis dalam manajemen. Audit program yang digunakan ketika audit manajemen kebanyakan dalam bentuk kuesioner yang dikelompokan pada masing-masing sesuai departemen di perusahaan.

Fungsi departemen yang perlu diperiksa ketika melakukan audit manajemen diantaranya adalah fungsi pemasaran, fungsi penjualan, fungsi produksi, fungsi personalia dan fungsi keuangan. Laporan audit manajemen dapat berupa temuan-temuan dan saran-saran perbaikan untuk menghasilkan kegiatan operasional dan kebijakan akuntansi sesuai kriteria perusahaan.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Pemeriksaan Subsequent Event dan Penyelesaian Pemeriksaan

Demikian pengertian efisien, efektif dan ekonomis dalam manajemen semoga anda dapat memahami proses bagaimana sebuah perusahaan dapat mencapai tujuan dengan mempergunakan sumber daya yang ada.


0 Response to "Pengertian Efisien, Efektif dan Ekonomis Dalam Manajemen"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel