Cara Membuat Tabel Amortisasi Diskonto Obligasi Jangka Panjang

Konten [Tampil]

Cara membuat tabel amortisasi diskonto obligasi jangka panjang merupakan kegiatan perusahaan mengalokasikan waktu memelihara kegiatan pencatatan sesuai kejadian sebenarnya. Proses perekrutan karyawan diperlukan agar dapat meningkatkan sumber daya keuangan perusahaan untuk proses pembelajarannya.

Tabel amortisasi diskonto obligasi metode bunga efektif dan metode garis lurus diperlukan untuk meningkatkan daya jual dari pendanaan perusahaan. Biaya yang muncul akibat tingkat bunga kontrak lebih rendah daripada bunga pasar harus dialokasikan berdasarkan jumlah periode pelaksanaan kewajiban pembayaran bunga.

Contoh liabilitas jangka panjang terdiri dari hutang bank, hutang obligasi dan hutang pph pasal 29. Angsuran pajak diperlukan bagi perusahaan untuk meningkatkan daya jual agar mampu mengalokasikan kewajiban jangka pendek. Laba rugi akan menentukan jumlah pajak terutang yang harus dibayarkan per periodenya.

Cara Membuat Tabel Amortisasi Diskonto Obligasi Jangka Panjang

Apa itu Amortisasi Diskonto Obligasi

Amortisasi diskonto obligasi adalah aktivitas perusahaan mengalokasikan waktu untuk menyelesaikan tanggungjawab pelaksanaan transaksi bisnis. Dalam kondisi apa obligasi yang diterbitkan menimbulkan diskonto utang obligasi menyesuaikan tingkat bunga pasar yang berlaku sesuai arahan dari ketentuan umum perpajakan.

Cara membuat tabel amortisasi diskonto obligasi jangka panjang sangatlah membantu kinerja staff finance dalam mengalokasikan arus kasnya. Obligasi dilaporkan pada laporan keuangan dalam posisi passiva. Diskon obligasi dicatat sesuai nilai amortisasi yang belum terealisasi sampai akhir batasan periode pelaporannya.

Amortisasi diskonto obligasi adalah kegiatan perusahaan mempelajari ilmu pengetahuan yang berdampak pada kebijakan fiskal. Fiskal adalah pajak yang harus disetorkan ke negara sesuai periodenya. Seluruh investasi dalam surat berharga akan dicatat oleh pasar modal melalui aplikasi akses ksei.

Baca Juga: Cara Koneksi Database Accurate 5 Lewat VPN

Macam-Macam Metode Amortisasi Diskonto Obligasi

Macam-macam metode amortisasi diskonto obligasi dapat diterapkan pada perusahaan dagang dan jasa. Investasi dalam surat berharga diperlukan untuk meminimalisir kewajiban pembayaran pajaknya. Kebutuhan arus kas operasional harus disesuaikan budget anggaran yang telah diciptakan sewaktu pembahasan publik.

Metode Garis Lurus

Metode garis lurus dalam amortisasi obligasi merupakan proses dimana alokasi agio dan disagio diselenggarakan dengan jumlah yang sama setiap periodenya. Tanggal pembayaran bunga akan menjadi titik tolak bagi entitas dalam proses mengakui kewajiban perpajakan yang muncul saat bertransaksi.

Metode Bunga Efektif

Metode tingkat bunga efektif adalah tingkat bunga yang dibebankan ke perusahaan dan bersifat berubah-ubah atau fluktuasi. Beban bunga yang terjadi dalam satu periode harus dikurangi dengan bunga yang dibayarkan oleh investor untuk memperoleh nilai amortisasi di neraca saldo keuangannya.

Baca Juga: Contoh Soal PPh Pasal 4 Ayat 2 tentang Obligasi

Contoh Soal Penjualan Obligasi dengan Diskon dan Jurnal Pencatatannya

Contoh soal penjualan obligasi dengan diskon dan jurnal pencatatannya layak memberikan peluang bagi entitas untuk menterjemahkan keinginannya. Laporan laba rugi akan memuat informasi berkaitan dengan peluang entitas memperdayagunakan harga pokok produksi untuk menghasilkan penjualan barang.

Liabilitas jangka panjang merupakan komponen informasi hutang paling penting sebab entitas diwajibkan mengalokasikan arus kas dimasa depan untuk menutupi pinjamannya. Manajemen kredit yang baik memberikan dampak terhadap keberlangsungan usaha entitas sewaktu pelaksanaan transaksinya.

Contoh soal penjualan obligasi dengan diskonto terjadi ketika PT Rafinternet bersepakat untuk memperdagangkan surat hutang dengan nilai nominal Rp 90.000.000. Bunga 11% dalam jangka waktu 2 tahun. Kurs penjualan yang disepakati dengan wali amanat adalah 98. Buatlah jurnal pencatatan yang diperlukan?

Baca Juga: Bagaimana Pencatatan Obligasi di Laporan Posisi Keuangan

Jurnal Mencatat Penjualan Obligasi dengan Kurs

Jurnal mencatat penjualan obligasi dengan kurs memberikan dasar bagi entitas untuk segera mengerjakan bisnis. Obligasi yang tidak memiliki aset yang dijadikan jaminan mengakibatkan masyarakat kurang percaya kepada perusahaan perihal kondisi dimasa depan sesuai proses pendanaannya.

Adapun jurnal penjualan obligasi dengan diskon adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2024KasRp88.200.000
Diskonto ObligasiRp1.800.000
Hutang ObligasiRp90.000.000

Cara Membuat Tabel Amortisasi Diskonto Obligasi dan Rumusnya

Cara membuat tabel amortisasi diskonto obligasi dan rumusnya memerlukan informasi tingkat bunga pasar. Market interest merupakan bunga yang mau diterima oleh pemberi pinjaman atas pemakaian arus kas potensial dimasa sekarang untuk memperdayagunakan kekayaan untuk kepentingan pribadinya.

Cara menghitung amortisasi diskonto obligasi setiap periode pembayaran bunga adalah

PeriodeNilai Buku Awal PeriodeBeban Bunga yang TercatatBunga yang dibayarkanAmortisasiDiskon belum amortisasiNilai Buku Akhir
1Rp88.200.000Rp4.950.000Rp4.500.000Rp450.000Rp1.350.000Rp88.650.000
2Rp88.650.000Rp4.950.000Rp4.500.000Rp450.000Rp1.350.000Rp89.100.000
3Rp89.100.000Rp4.950.000Rp4.500.000Rp450.000Rp1.350.000Rp89.550.000
4Rp89.550.000Rp4.950.000Rp4.500.000Rp450.000Rp1.350.000Rp90.000.000

Jurnal Mencatat Pembayaran Bunga dan Amortisasi Diskonto

Jurnal mencatat pembayaran bunga dan amortisasi diskonto obligasi menjadi pekerjaan dari staff keuangan untuk memaksimalkan potensi arus kasnya. Kemudahan proses pembayaran tagihan akan mempercepat perusahaan mendapatkan bahan baku sesuai kehendak antar departemen produksi dan marketing.

Adapun jurnal mencatat pembayaran bunga dan amortisasi diskonto adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
30/06/2024Beban Bunga ObligasiRp4.950.000
Diskonto ObligasiRp450.000
KasRp4.500.000

Baca Juga: Apa itu Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Demikian cara membuat tabel amortisasi diskonto obligasi jangka panjang sesuai arahan dari tim produksi. Setiap pembelian bahan baku akan memberikan dampak terhadap komposisi informasi keuangan. Penjualan menjadi dasar utama bagi entitas untuk segera merealisasikan kebutuhan bisnisnya.

0 Response to "Cara Membuat Tabel Amortisasi Diskonto Obligasi Jangka Panjang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel