Contoh Soal Pengakuan dan Penerimaan Pelunasan Piutang Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal pengakuan dan penerimaan pelunasan piutang dagang merupakan bagian dari proses pertumbuhan perusahaan untuk mendapatkan laba ditahan. Laba ditahan adalah keuntungan yang dialokasikan untuk mencegah terjadinya manipulasi data laporan keuangan atas setoran bukti transaksi.

Contoh soal piutang dagang dan jawabannya akan menjadi dasar penentuan kualitas kredit dari nasabah. Perusahaan besar berawal dari ketentuan perusahaan saat mengintegrasikan data sesuai batasan waktu yang ditetapkan. Entitas harus mengupayakan pertumbuhan perusahaan sesuai keinginan pemilik usahanya.

Mengapa harus membuat cadangan kerugian piutang sebab tidak semua pelanggan memiliki kemampuan pembayaran sesuai realita. Adakalanya terjadi keterlambatan pembayaran tagihan atas termin yang disepakati. Faktor yang menyebabkan piutang tidak dapat ditagih harus dianalisis oleh tim manajemen kreditnya.

Contoh Soal Pengakuan dan Penerimaan Pelunasan Piutang Dagang

Kapan Pengakuan dan Penerimaan Pelunasan Piutang Dicatat

Piutang dagang diakui pada saat entitas telah mengirimkan barang ke alamat penerima atau pelanggan. Pengiriman barang mengakibatkan perubahan kegiatan pencatatan yang semula dari barang tersedia untuk dijual menjadi barang siap diklaim berdasarkan perubahan sistem informasi akuntansi per periode pelaporannya.

Penerimaan pelunasan piutang dicatat ketika entitas melaporkan segala macam penerimaan sesuai batasan waktunya. Pembayaran piutang dapat berbentuk arus kas operasional dan arus kas investasi berdasarkan waktu yang telah ditentukan oleh entitas. Kepercayaan nasabah untuk membayarkan tagihan harus disesuaikan kebutuhannya.

Contoh soal pengakuan dan penerimaan pelunasan piutang dagang harus mampu mengatribusikan kebutuhan investasi jangka panjang. Kepercayaan bisnis adalah informasi yang disesuaikan entitas untuk mengajukan pembayaran tagihan dan pelaksanaan kerjasama dalam jangka panjang berdasarkan kebutuhannya.

Baca Juga: Cara Memperoleh Efin Pajak Orang Pribadi

Faktor yang Menyebabkan Piutang Tidak Dapat Ditagih

Faktor yang menyebabkan piutang tidak dapat ditagih adalah keseluruhan kegiatan pencatatan bisnis yang tidak terkondisikan. Adalanya penjual tidak mendapatkan bukti terjadinya pengiriman barang pesanan sehingga pembeli tidak mengakui adanya pengiriman barang sesuai jasa ekspedisi yang dipakai.

Contoh soal pengakuan dan penerimaan pelunasan piutang dagang harus dapat merepresentasikan kebutuhan informasi keuangan. Pajak adalah dasar bagi entitas melaporkan segala keuntungan yang harus dibayarkan. Pembayaran pajak secara tepat waktu akan membantu meringankan beban saat melaporkan spt tahunannya.

Faktor yang menyebabkan piutang tidak dapat ditagih adalah perusahaan tidak mampu memiliki pelanggan dengan batasan credit score yang bagus. Kepercayaan nasabah terhadap kemampuan pembayaran akan mengurangi resiko piutang yang tidak mampu direalisasi sesuai keinginan nasabahnya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan DNSSEC di Cloudflare

Contoh Soal Piutang Dagang dan Jawabannya

Contoh soal piutang dagang dan jawabannya menjadi dasar kegiatan pencatatan akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan lanjutan. Setiap perusahaan harus dapat merepresentasikan keuntungan yang didapatkan per periode. Laba ditahan harus dilaporkan sesuai nilai normal untuk keperluan bisnis di periodenya.

Bagaimana cara mengelola piutang yang efektif sehingga dapat meminimalisir kemungkinan piutang tak tertagih menentukan maksimal penjualan kredit yang dapat dilakukan. Adanya pinalti atau denda yang dikenakan akan berakibat pada penurunan jumlah orderan pelanggan. Permintaan uang muka penjualan akan memudahkan proses pembayaran tagihannya.

PT Rafinternet memperoleh orderan dari pelanggan dengan nilai Rp 13.000.000. Pelanggan diberikan termin pembayaran n/30 untuk melunasi tagihannya. Adapun jurnal yang dibuat saat pembuatan invoice adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/10/2023Piutang Dagang Rp 14.430.000
Penjualan Kredit Rp 13.000.000
PPN Keluaran Rp 1.430.000

Pelanggan membayarkan tagihan secara cicilan dengan nominal Rp 10.000.000. Penerimaan pelunasan piutang dagang diterima melalui transfer bank. Adapun jurnal yang harus dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
13/10/2023Bank mandiri Rp 10.000.000
Piutang Dagang Rp 10.000.000

Mengapa perusahaan perlu membuat cadangan kerugian piutang sebab entitas harus mengantisipasi bahwa akun piutang tentu tidak semua dapat ditagih. Ketidakmampuan penagihan invoice jatuh tempo harus disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Pelanggan tidak mampu membayarkan sisa tagihan dan dibuat jurnal sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
19/10/2023Beban kerugian Piutang Rp 4.430.000
Piutang Dagang Rp 4.430.000

Pelanggan yang dinyatakan tidak dapat membayar, memberikan bukti transfer atas sisa piutang belum terbayar. Oleh sebab itu, perusahaan harus membalik rekening beban kerugian piutang sehingga entitas dapat mencatat pelunasan tagihannya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
25/10/2023Piutang Dagang Rp 4.430.000
Beban kerugian Piutang Rp 4.430.000
26/10/2023Bank Transfer Rp 4.430.000
Piutang Dagang Rp 4.430.000

Baca Juga: Cara Mengatasi Salah Mencatat Harga Jual di Invoice

Demikian contoh soal pengakuan dan penerimaan pelunasan piutang dagang sesuai materi akuntansi pengantar. Agar entitas dapat melunasi seluruh tagihan dan terhindari dari blacklist pemesanan, maka dapat memberikan kepastian perihal pembayaran tagihan jatuh tempo sesuai batasan waktu yang dijanjikannya.

0 Response to "Contoh Soal Pengakuan dan Penerimaan Pelunasan Piutang Dagang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel