Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Pesanan (Job Costing)

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban metode harga pokok pesanan atau job order costing merupakan aktivitas rutin yang diselenggarakan perusahaan manufaktur dalam prosedur perubahan bahan baku menjadi barang jadi. Kartu biaya produksi akan diciptakan guna memudahkan prosedur pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo.

Cara menghitung harga pokok pesanan dan harga pokok proses bertujuan agar setiap pemakaian arus kas perusahaan mendatangkan kondisi keuangan yang stabil. Karakteristik job order costing dan process costing adalah entitas akan mengeluarkan sejumlah biaya secara reguler untuk setiap kali produksi diselenggarakan.

Contoh soal metode harga pokok pesanan dan jawabannya menjadikan entitas bertanggungjawab terhadap keseluruhan transaksi keuangannya. Kesejahteraan para karyawan perlu ditingkatkan agar kondisi perekonomian dan pelaksanaan produksi tidak terhambat disebabkan penundaan gaji tenaga kerja langsung dan tidak langsung.

Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Pesanan (Job Costing)

Apa yang Kalian Ketahui Tentang Harga Pokok Pesanan?

Harga pokok pesanan atau job order costing adalah mekanisme perhitungan biaya yang dikeluarkan perusahaan sebagai akibat perubahan bahan baku menjadi barang jadi. Pembisnis tentu akan meningkatkan daya jual barang sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan dan harga jual yang disepakati.

Contoh soal dan jawaban metode harga pokok proses menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi biaya. Tujuan akuntansi biaya adalah memperhitungkan total pengeluaran perusahaan yang digunakan untuk menciptakan barang jadi. Biaya dan pendapatan harus diukur berdasarkan kemampuan pembisnis di entitas.

Apa yang kalian ketahui tentang harga pokok pesanan dan harga pokok proses adalah mekanisme yang diciptakan perusahaan agar dapat mengetahui aliran kondisi keuangan sesuai arah perkembangan bisnis. Keseluruhan proses produksi harus dikerjakan dengan seksama untuk menghindari kerugian arus kas.

Baca Juga: Kapan Job Order Costing Dilakukan Perusahaan

Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Pesanan

Contoh soal dan jawaban metode harga pokok pesanan adalah tindakan perusahaan dalam rangka mengubah bahan baku menjadi barang jadi sesuai keinginannya. Setiap peluang bisnis harus mengutamakan adanya kesejahteraan bagi karyawan agar produktivitas dapat bertambah setiap produksinya.

Contoh soal metode harga pokok pesanan dan jawabannya menjadi materi akuntansi biaya dan akuntansi pengantar. Setiap calon akuntan diharapkan mampu memahami alur di perusahaan manufaktur. Perusahaan dagang dan jasa memiliki perbedaan terutama dalam proses perhitungan harga pokok produksi.

Bagaimana ciri-ciri harga pokok pesanan adalah entitas tidak perlu melakukan produksi secara terus menerus melainkan hanya bermodalkan kepada para pemegang saham. Modal kerja sangatlah dibutuhkan agar kegiatan produksi dapat dipertahankan menyesuaikan kebutuhan organisasi perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Operating Lease dan Finance Lease

Cara Menghitung Biaya Bahan Baku dalam Proses Produksi

Cara menghitung biaya bahan baku dalam proses produksi menjadi langkah awal agar barang diciptakan sesuai kebutuhan perusahaan. Bahan baku adalah segala material yang diperlukan perusahaan dalam menindaklanjuti efektivitas kegiatan pembelajaraan bagi calon mahasiswa akuntansi.

Cara menghitung biaya bahan baku dalam proses produksi terjadi ketika PT Rafinternet memesan bahan abs senilai Rp 24.000.000 kepada supplier. PT Rafinternet memulai kegiatan produksi dengan mengeluarkan bahan langsung Rp 12.000.000 dan bahan penolong Rp 9.000.000. Bagaimana cara mencatat pengeluaran tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/04/2023Persediaan Bahan Baku Rp 24.000.000
PPN Masukan Rp 2.640.000
Kas Rp 26.640.000
(Jurnal mencatat pembelian bahan baku)
14/04/2023Persediaan dalam Proses - Bahan Baku Rp 12.000.000
Biaya Overhead Pabrik Rp 9.000.000
Persediaan Bahan Baku Rp 21.000.000
(Jurnal pembebanan biaya bahan baku ke proses produksi)

Baca Juga: Contoh Jurnal Sewa Dibayar Dimuka

Demikian contoh soal dan jawaban metode harga pokok pesanan atau job order costing dalam materi akuntansi biaya. Setiap pemakaian biaya perusahaan dapat digunakan untuk menciptakan produk jadi sehingga perhitungan hpp dapat dilakukan secara accurate sesuai tujuan akuntansi biaya dipelajari.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Metode Harga Pokok Pesanan (Job Costing)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel