Contoh Soal Selisih Biaya Overhead Pabrik dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Contoh soal selisih biaya overhead pabrik dan jurnal pencatatannya merupakan siklus akuntansi yang diselenggarakan dalam rangka mengoptimalkan prosedur pemakaian dana perusahaan untuk kegiatan produksi. Biaya produk akan muncul tatkala entitas menjalankan aktivitas produksi selama beberapa periodenya.

Cara menghitung tarif biaya overhead pabrik dapat dilaksanakan setiap periodenya agar entitas dapat melihat perbedaan antara bop dibebankan dan bop aktual. Job order costing dan process costing adalah sistem yang dibuat dalam rangka mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran perusahaan dalam pembuatan barang jadi.

Bagaimana cara menghitung selisih biaya overhead pabrik sesungguhnya dan dibebankan bergantung pada kebijakan akuntansi yang diselenggarakan perusahaan. Departementalisasi merupakan prosedur yang harus dilalui agar seluruh prosedur pembiayaan perusahaan dapat diaplikasikan dengan jelas sesuai perencanaan produksi.

Contoh Soal Selisih Biaya Overhead Pabrik dan Jurnal Pencatatannya

Pengertian BOP Dibebankan dan BOP Aktual

Pengertian bop dibebankan adalah formula produk yang dibuat oleh perusahaan atas estimasi pemakaian sejumlah bahan penolong dan tenaga kerja tidak langsung dalam kegiatan produksi. Rumus bop yang dibebankan adalah seluruh pengeluaran perusahaan ketika menciptakan barang jadi sesuai job order costing.

Pengertian bop aktual adalah pengeluaran perusahaan sesungguhnya yang diberlakukan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan selama beberapa periode. Cara menghitung bop tetap dan variabel yang dianggarkan dapat diestimasi dengan jelas mengikuti aturan perpajakan untuk menghindari koreksi fiskal.

Perbedaan bop dibebankan dan bop aktual dalam akuntansi biaya akan dilihat saat perusahaan melakukan process costing dan job order costing untuk melihat unit ekuivalen. Unit ekuivalen adalah unit produk yang berhasil diciptakan selama proses produksi dan layak diperdagangkan atau dialokasikan ke departemen selanjutnya.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi untuk Produk Sampingan dan Produk Utama

Contoh Soal Penentuan Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Contoh soal penentuan biaya overhead pabrik dan jawabannya dalam diberlakukan untuk menjadikan entitas bertanggungjawab atas setiap pemakaian dana perusahaan. Rumus bop yang dibebankan dijadikan dasar dalam memperhitungkan total pengeluaran yang harus diakui sebagai biaya produksi tahun berjalan.

Penentuan tarif dan proses departementaliasi biaya overhead pabrik merupakan aktivitas perusahaan dalam menciptakan informasi keuangan sesuai tujuan pembentukan perusahaan. Elemen apa saja yang dibutuhkan dalam metode penentuan harga pokok produksi adalah setiap pengeluaran kas selama satu periode.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik terjadi ketika PT Rafinternet merencanakan produksi dengan mempergunakan bop dibebankan senilai Rp 63.000.000. Selama proses produksi, terjadi penyimpangan yang berakibat kenaikan bop aktual senilai Rp 65.000.000. Bagaimana jurnal selisih biaya overhead pabrik yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022BOP Anggaran Rp 63.000.000
Harga Pokok Produksi Rp 11.000.000
BOP Aktual Rp 65.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi Metode Fifo

Cara Menghitung Selisih Biaya Overhead Pabrik Sesungguhnya dan BOP Dibebankan

Cara menghitung selisih biaya overhead pabrik sesungguhnya dan bop dibebankan akan menjadi peluang bagi entitas dalam menjalankan kegiatan produksi selama satu periode. Mengapa perlu dilakukan pengendalian terhadap bop sebab entitas harus dapat mempromosikan kejadian informasi perpajakannya.

Penyebab selisih biaya overhead pabrik adalah kenaikan harga bahan baku dan peraturan pemerintah terkait imbal kerja karyawan. BOP yang terlalu tinggi dan rendah berakibat pada tertundanya prosedur pemeriksaan laporan keuangan oleh kantor akuntan publik dan kantor pelayanan perpajakan tempat perusahaan berada.

Cara menghitung selisih biaya overhead pabrik sesungguhnya dan anggaran bop dapat menimbulkan adanya selisih pengeluaran kas. Bagaimana cara meminimalkan biaya untuk mencapai suatu tingkat produksi tertentu adalah mengurangi kesalahan selama proses produksi untuk menghindari ketidaksesuaian dengan anggaran.

Baca Juga: Contoh Soal Operating Lease dan Finance Lease

Demikian contoh soal selisih biaya overhead pabrik dan jurnal pencatatannya dalam materi akuntansi biaya. Setiap biaya perusahaan harus diperlakukan sesuai standar akuntansi keuangan dan peraturan perpajakan untuk menghindari koreksi fiskal dan berakibat pada penundaan pembayaran pph pasal 29.

0 Response to "Contoh Soal Selisih Biaya Overhead Pabrik dan Jurnal Pencatatannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel