Contoh Pertanyaan Tentang Pemeriksaan Ekuitas dan Perkiraan Laba Rugi

Konten [Tampil]

Contoh pertanyaan tentang pemeriksaan ekuitas dan perkiraan laba rugi merupakan aktivitas operasional agar entitas dapat menciptakan kepastian pembayaran tagihan kepada pemasok. Audit program dan tujuan pemeriksaan hendaknya dibuat agar entitas mendapatkan informasi pajak penghasilan kurang dibayarkan.

Buatlah program audit akun ekuitas dan ikhtisar laba rugi dapat mempertimbangkan kebijakan informasi perpajakan entitas. Program audit adalah langkah-langkah yang diambil auditor ketika menilai kewajaran saldo laporan keuangan terutama pada akun riil yaitu modal, hutang dan aset perseroan terbatas.

Contoh kasus audit ekuitas pemegang saham dapat dialokasikan agar struktur permodalan sudah sesuai informasi pada akta pendirian. Pemeriksaan izin-izin yang diperlukan dari pemerintah agar berkaitan dengan ekuitas terutama otorisasi pejabat perusahaan berwenang tentang perubahan struktur modalnya.

Contoh Pertanyaan Tentang Pemeriksaan Ekuitas dan Perkiraan Laba Rugi

Pertanyaan Tentang Prosedur Pemeriksaan Ekuitas

Pertanyaan tentang prosedur pemeriksaan ekuitas diharapkan mampu mengendalikan informasi perpajakan di perusahaan. Ekuitas adalah hak modal para pendiri perusahaan setelah adanya pelunasan hutang pihak ketiga. Modal digunakan agar dapat meningkatkan struktur perpajakan yang ada di entitas tersebut.

Pertanyaan dan jawaban tentang ekuitas mampu mengatasi permasalahan kondisi keuangan. Bagaimana cara menyusun pembukuan ekuitas saham dianjurkan menyesuaikan struktur perpajakan dan modal entitas. Perusahaan berwenang membatasi akses informasi modal hanya ke pejabat tertentu yang berkuasa.

Contoh pertanyaan tentang pemeriksaan ekuitas dan perkiraan laba rugi memerlukan waktu pemeriksaan lebih sedikit kecuali entitas ingin menjadi go public atau adanya koreksi terhadap laba ditahan. Pengaruh beban terhadap ekuitas akan terjadi saat entitas menggunakan kas dan setara kas sebagai metode pembayaran tagihan.

Baca Juga: Apa itu Metode Bonus dan Goodwill dalam Pendirian Firma

Contoh Soal Kasus Audit Ekuitas dan Penyelesaiannya

Contoh soal kasus audit ekuitas dan penyelesaiannya bergantung pada badan usaha yang menjalankan kegiatan. Badan usaha adalah organisasi yang didirikan oleh pemegang saham utama dan berstatus sebagai sekutu aktif ataupun sekutu pasif saat berupaya mencari peluang memperoleh penghasilannya.

Contoh pertanyaan tentang pemeriksaan ekuitas dan perkiraan laba rugi hendaknya dapat disajikan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Laporan keuangan hasil audit lebih diterima oleh kantor pajak terutama ketika auditor memberikan opini wajar tanpa pengecualian terhadap aktivitas perusahaan.

Mengapa auditor harus melakukan pemeriksaan terhadap ekuitas? hal ini dikarenakan adanya beberapa karakteristik badan usaha. Firma dapat dibubarkan saat terjadi perbedaan anggota sekutu. Perseroan terbatas dapat dipindahtangankan pemilikannya dengan menjual sebagian besar saham yang dimilikinya.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan dan Jawabannya

Soal Latihan Bab 18 Pemeriksaan Ekuitas dan Perkiraan Laba Rugi

Soal latihan bab 18 pemeriksaan ekuitas dan perkiraan laba rugi diharapkan mampu memberikan informasi bagian laporan keuangan yang hendak dijadikan dasar pembayaran pajak. Buatlah program audit akun ekuitas diawali dengan membuat kertas kerja pemeriksaan sesuai standar auditing.

Pertanyaan dan jawaban soal latihan bab 18 pemeriksaan ekuitas tentu berkaitan dengan adanya penambahan dan pengurangan modal. Prive adalah pengambilan pribadi pemilik perusahaan yang dapat mengurangi jumlah setoran modal. Seluruh prive berakibat pada penurunan kemampuan pembayaran tagihan.

Soal tagihan bab 18 pemeriksaan ekuitas dan perkiraan laba rugi terjadi saat PT Rafinternet mengalami kesalahan pencatatan dimana biaya air dibebankan ke laba ditahan senilai Rp 9.800.000. Buatlah jurnal penyesuaian atas koreksi kesalahan pencatatan klien sesuai kertas kerja pemeriksaan modal tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Beban Air 9.800.000
Laba Ditahan 9.800.000

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup Pendapatan dan Biaya Perseroan Terbatas

Demikian contoh pertanyaan tentang pemeriksaan ekuitas dan perkiraan laba rugi sesuai standar akuntansi keuangan. Perseroan terbatas, firma dan koperasi memiliki berbagam macam informasi terutama pembayaran tagihan untuk menghindari adanya kecurangan pemakaian dana perusahaannya

0 Response to "Contoh Pertanyaan Tentang Pemeriksaan Ekuitas dan Perkiraan Laba Rugi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel