Akuntansi Mudharabah : Pengertian, Pertanyaan, Contoh Soal dan Jurnal Transaksi

Konten [Tampil]

Akuntansi mudharabah menjadi bagian dalam transaksi syariah sehingga pemilik dana dan pengelola dana diharapkan mengetahui pengertian mudharabah, pertanyaan tentang akad musyarakah dan contoh soal dan jurnal transaksi yang harus dibuat oleh perusahaan. Permasalah akad mudharabah hanya pembagian hasil usaha dan pihak yang menanggung kerugian.

Contoh soal perhitungan pembiayaan mudharabah harus dilakukan agar dapat memenuhi prinsip syariah. Studi kasus tentang mudharabah digunakan agar nisbah dapat dibagikan sesuai prinsip profit sharing atau revenue sharing. Simulasi perhitungan mudharabah disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan syariah yang ditetapkan.

Cara menghitung bagi hasil mudharabah menjadi bagian dari permasalahan yang harus dipecahkan oleh nasabah. Soal-soal tentang pembiayaan mudharabah akan berguna sebagai dasar mengetahui pengertian akad, rukun dan syarat transaksi mudharabah dan contoh perhitungan nisbah yang sesuai prinsip syariah.

Akuntansi Mudharabah : Pengertian, Pertanyaan, Contoh Soal dan Jurnal Transaksi


Pengertian dan Pertanyaan Tentang Akad Mudharabah

Pengertian akad mudharabah menurut para ahli adalah transaksi kerjasama dimana salah satu pihak akan memberikan modal dan pihak lainnya menjalankan kegiatan usaha berdasarkan modal yang diberikan. Bagi hasil akan menyesuaikan dengan presentase keuntungan yang diperoleh, sedangkan kerugian akan ditanggung oleh pemilik dana.

Pertanyaan tentang akad mudharabah seperti terdapat dua jenis transaksi mudharabah yaitu mudharabah muqayyadah dan mudharabah muthlaqah. Mudharabah muqayyadah adalah kerjasama dimana pemodal memberikan batas penggunaan dana yang telah diberikannya. Mudharabah muthlaqah adalah kerjasama dimana pemodal memperbolehkan pengelola dana untuk menggunakan dana dalam kegiatan usahanya.

Pertanyaan tentang akad mudharabah muqayyadah melalui branly dapat terjadi. Pengertian akad mudharabah menurut para ahli adalah permintaan pemodal kepada pengelola dana untuk mempergunakan dananya dalam kegiatan produksi. Pengelola dana berkewajiban melaporkan transaksi yang terjadi sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Jual Beli Online Shop atau Marketplace

Contoh Soal Transaksi Akuntansi Pengelola Dana Mudharabah

Contoh soal transaksi akuntansi mudharabah akan terjadi ketika pemodal telah menyerahkan dana untuk dikelola. Pengelola dana wajib menyerahkan laporan kinerja keuangan agar sesuai dengan prinsip syariah. Rukun dan syarat akad mudharabah yaitu pihak-pihak yang terlibat dan ijab qabul harus ada.

Contoh soal akuntansi pengelola dana mudharabah dimulai ketika pengelola dana siap menginvestasikan dalam usaha yang dimilikinya. Soal-soal tentang pembiayaan mudharabah akan bergantung pada nisah bagi hasil profit sharing dan revenue sharing.

Contoh soal dan jawaban akuntansi mudharabah adalah transaksi investasi pemodal pasif sementara pengelola dana berkewajiban mengelola dana investor. Masraffi telah menginvestasikan uang sebesar Rp 500.000.000 kepada PT Rafinternet. Pada tahun 2021, PT Rafinternet telah memperoleh penghasilan sebesar Rp 620.000.000 dengan mengeluarkan biaya operasional Rp 352.000.000 dan harga pokok penjualan sebesar Rp 108.000.000. Berapakah keuntungan yang diteirma Masraffi berdasarkan profit sharing?

Baca Juga: Contoh Perhitungan Nisbah Akad Musyarakah

Cara Menghitung Bagi Hasil Nisbah Pembiayaan Mudharabah

Cara menghitung bagi hasil pembiayaan mudharabah adalah keuntungan yang didapatkan dari hasil usaha ketika bank syariah dan perusahaan melakukan akad kerjasama. Soal-soal tentang pembiayaan mudharabah akan berkaitan dengan pengertian, tujuan dan fungsi akad mudharabah dan rukun dan syarat yang harus dipenuhi agar sesuai prinsip syariah.

Contoh soal dan jawaban akuntansi syariah akad mudharabah seharunya dibuatkan simulasi perhitungan mudharabah. Profit sharing adalah nisbah yang dibagikan berdasarkan laba tahun berjalan. Pengelola dana biasanya menggunakan dasar profit sharing dalam membagi keuntungan dengan pemilik dana.

Cara menghitung bagi hasil pembiayaan mudharabah dilakukan dengan diikuti perhitungan laba tahun berjalan. Nisbah atau bagi hasil adalah kesepakatan tentang keuntungan dan kerugian yang didapatkan dalam suatu periode. Adapun langkah menghitung nisbah adalah:

Penjualan Rp    620.000.000
HPP Rp 108.000.000
Laba Kotor Rp 512.000.000
Beban Operasi Rp 352.000.000
Laba Bersih Rp 160.000.000
Nisbah62%
Bagi Hasil Rp 99.200.000

Jurnal transaksi akuntansi mudharabah bagi pengelola dana dan pemilik dana dapat dijalankan agar dapat diketahui jumlah keuntungan yang didapatkan. Adapun jurnal transaksi mudharabah yang harus dicatat oleh pengelola dana adalah:

31/12/2021Piutang Pendapatan Bagi Hasil Rp    99.200.000
Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah Rp 99.200.000
05/01/2022Kas Rp 99.200.000
Piutang Pendapatan Bagi Hasil Rp 99.200.000

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Transaksi Syirkah dan Murabahah

Demikian akuntansi mudharabah yang berisikan pertanyaan pengertian dan contoh soal yang harus dibuatkan jurnal transaksi. Semoga dapat membantu mengetahui kelebihan dan kekurangan transaksi syirkah mudharabah, musyarakah dan murabahah.

0 Response to "Akuntansi Mudharabah : Pengertian, Pertanyaan, Contoh Soal dan Jurnal Transaksi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel