Istilah Jual Beli Online di Indonesia

Konten [Tampil]
Istilah jual beli online di indonesia semakin hari banyak orang yang lebih suka belanja online dibandingkan datang ke toko. Tahukah kamu terdapat beberapa istilah jual beli online yang perlu diketahui agar tidak salah membeli dan menjual sebuah produk? Selain itu, cek resi j&t, cek resi jne bahkan cek resi standar express dibutuhkan agar tahu lokasi pengiriman.

Istilah jual beli online di indonesia memanglah sangat menarik karena pembeli harus mengetahui agar tidak salah beli ya. Terdapat istilah seperti cod, pl, po, dp, ongkir, minor, keep, dm, po, hit and run, vipul, pcs, refund, close order, up, justip, a1b1 dalam jual beli online memang harus dimengerti oleh calon pembeli.

Terdapat beberapa istilah jual beli online di indonesia bagi pembeli dan penjual akan membantu dalam membangun komunikasi yang baik ketika bertransaksi ya.

Istilah Jual Beli Online di Indonesia

Arti COD dalam Jual Beli Online (Olshop)

Arti cod dalam jual beli online adalah sistem pembayaran yang akan dilakukan ketika barang sampai ke alamat pembeli. Cod kepanjangan dari cash on delivery. Penjual akan mendapatkan penghasilan dari transaksi jual beli ketika barang sampai ke tempat pembeli ya.

Apa arti cod dalam olshop jual beli online berkaitan dengan mekanisme pembayaran yang ditunda karena barang hanya akan dibayar ketika barang sudah sampai. Contoh transaksi cod adalah pembeli yang melakukan order baju melalui marketplace dan memutuskan membayar secara cod sehingga penjual harus mengirimkan produk terlebih dahulu melalui jasa ekspedisi yang telah disepakati.

Arti PL dalam Jual Beli Online (Preloved)

Arti PL dalam jual beli online berarti barang yang dibeli adalah barang bekas yang masih bagus dan layak dipakai kembali. Biasanya penjual yang menjual barang preloved adalah bekas artis instagram atau masyarakat biasa yang memiliki merk terkenal dan dijual dengan harga murah.

Apa arti pl dalam onshop jual beli online tentunya berkaitan dengan barang yang sudah pernah dipakai satu atau dua kali dan dijual kembali dengan kondisi yang masih layak. PL kepanjangan dari Preloved dalam jual beli online ya.

Singkatan PL dalam jual beli online mengandung arti bahwa barang telah dikirimkan penjual sesuai dengan pesanan yakni barang bekas atau preloved ya.
Baca Juga: Sicepat Reg VS Sicepat Halu, Manakah Pengiriman yang Lebih Cepat?

Arti UP dalam Jual Beli Online (OlShop)

Arti up dalam jual beli online menunjukan bahwa harga yang ditawarkan penjual terlalu mahal sehingga pembeli meminta agar harga diturunkan sesuai dengan kehendak pembeli.

Apa arti up dalam jual beli online berkaitan dengan harga yang terlalu mahal yang diberikan oleh penjual sehingga pembeli memutuskan untuk tidak melanjutkan transaksi apabila harga yang ditawarkan masih tinggi.

Arti Jastip dalam Online Shop

Arti jastip dalam online shop berarti adanya sedikit uang kembalian yang diselipkan penjual dalam paket yang telah dikirimkan ke tempat pembeli.

Apa itu Jastip dalam jual beli online? Jastip atau jasa titip berarti seseorang yang menitipkan sebuah barang untuk dikirimkan bersamaan dengan barang lain karena memiliki lokasi pengiriman yang sama.

Arti PO dalam Jual Beli Online

Arti PO dalam jual beli online berarti barang yang dipesan belum ada stock sehingga pembeli harus menunggu beberapa hari agar barang siap untuk dikirimkan dengan catatan harus membayar sebagian atau lunas.

Singkatan PO dalam online shopee adalah pre-order. Pre-order membutuhkan waktu yang lebih lama lagi agar barang siap untuk dikirimkan penjual. Barang pre-order biasanya merupakan keluaran terbaru tetapi memiliki antrian yang banyak.
Baca Juga: Apakah Koin Shopee Bisa Hangus? Voucher Kembali dari Pembatalan Pesanan

Arti Indent dalam Jual Beli Online

Arti indent dalam jual beli online menunjukkan barang harus dibayar terlebih dahulu sebelum dikirimkan dimana barang belum status ada atau masing dalam anggan-angan.

Apa arti inden dalam jual beli online mengindikasikan bahwa barang yang akan dibeli harus dibayarkan terlebih dahulu dan barang yang dipesan sesuai pesanan akan dikerjakan setelah pembayaran diterima oleh penjual

Arti WL dalam Jual Beli Online

Arti wl dalam jual beli online atau online shop menunjukkan daftar produk yang dapat dibeli oleh pembeli. Singkatan wl dalam jual beli online adalah waiting list sehingga pembeli harus menunggu update barang yang dapat dibeli dari penjual.

Apa itu WL dalam Jual Beli Online mengindikasikan bahwa produk yang dibeli oleh pembeli harus menunggu list update dari penjual. Waiting list akan diberikan oleh penjual ketika stock yang dimilikinya belum diperbarui.
Baca Juga: Cara Menghapus Akun Shopee yang Dibatasi, Inilah Langkahnya

Arti Close Order dan Ready dalam Jual Beli Online

Arti close order dan ready dalam jual beli online menunjukan stock barang yang akan dikirimkan oleh penjual. Arti ready dalam online shop berarti barang siap untuk dikirimkan pada hari itu setelah pembayaran diterima oleh penjual.

Arti close order dalam online shop menunjukan waktu pembelian barang telah selesai. Close order biasanya berkaitan dengan jam kerja untuk packing dan kirim barang ke jasa ekspedisi ya.

Arti PCS, Minor dan Keep dalam Jual Beli Online

Arti pcs, minor dan keep dalam transaksi jual beli online berkaitan dengan jumlah barang yang tersedia dan dapat dibeli oleh pembeli. Arti PCS dalam online shop menunjukan jumlah barang yang ada di penjual yang dapat dibeli dengan jumlah maksimal oleh pembeli.

Arti minor dalam jual beli online adalah pembelian minimal yang dapat dilakukan pembeli agar mendapatkan potongan ongkos kirim seperti pembeli harus memesan lebih dari 150 unit.

Arti keep menunjukan penjual meminta kepada pembeli agar menyimpan barangnya terlebih dahulu dimana pembayaran akan ditentukan pada waktu yang telah disepakati.
Baca Juga: Cara Mengaktifkan Shopeepay yang Dinonaktifkan atau Diblokir Shopee

Arti PM, DO, Hit and Run dan SCDD dalam Transaksi Jual Beli Online

Apa itu PM, DO, Hit and Run dan SCDD dalam transaksi jual beli online? hal ini berkaitan dengan bagaimana mekanisme berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Penjual setelah memposting barang jualannya biasanya tidak akan membalas komentar karena akan dibaca oleh orang banyak sehingga menganjurkan untuk PM atau DM ya.

PM dalam jual beli merupakan singkatan dari private message arti transaksi harus dilakukan melalui aplikasi chat pribadi seperti inbox dan whatsapp. PM sering disebut juga dengan japri atau jalur pribadi ya.

DO dalam jual beli merupakan singkatan dari delivery order yang artinya pembeli setelah melakukan pelunasan barang maka barang akan dikirimkan langusng oleh penjual. Sistem delivery order biasanya dilakukan oleh penjual makanan atau barang yang segera dibutuhkan.

Arti hit and run dalam jual beli mengindikasikan bahwa pembeli yang sudah melalukan pemesanan akan tetapi belum melakukan pembayaran atas pesanan tersebut. Arti SCDD atau siapa cepat dia dapat menunjukan bahwa barang tersebut sudah ada dan siap untuk dikirimkan pada hari yang sama.

Arti EOM, Out of Stock, Restock dan Palkor dalam Jual Beli Online

EOM singkatan dari original equipment manufacturer artinya bahwa barang asli dari pabrik akan tetapi tidak dibungkus dengan kemasan yang baik. Biasanya barang EOM berasal dari produk asli yang telah rusak atau pembelian jumlah besar.

Arti out of stock dalam online shopee berarti barang yang dijual telah habis persediaannya. Arti restock berarti barang telah mengalami pengisian kembali stock persediaan sehingga barang siap untuk dijual kembali.

Arti palkor dalam jual beli online adalah seorang yang melakukan penipuan. Pembeli yang terlalu banyak bertanya dan sudah meminta detail pembayaran akan tetapi pada waktu pembayaran dilaksanakan mereka tidak kunjung datang atau transfer barang yang dibeli.


Arti Ori dan KW Super atau KW 1 2 3 dalam Transaksi Jual Beli Online

Arti ori atau original dalam transaksi jual beli online berkaitan dengan barang yang dibeli oleh pembeli. Barang tersebut merupakan keluaran dari pabrik aslinya seperti samsung atau xiaomi. KW menunjukan bahwa barang yang dijual merupakan barang tiruan dari barang aslinya ya.
Baca Juga: Cara Komplain di Lazada Karena Barang Tidak Sampai (Pengiriman Standar Lazada)
Demikianlah Istilah Jual Beli Online di Indonesia semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Istilah Jual Beli Online di Indonesia"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel