Pengalaman Menulis Artikel di Brilio

Buat kalian yang punya sampingan sebagai copy writer maupun content writer pasti sudah tidak asing dengan salah satu web terkenal brilio.net. Ya web artikel yang suah eksis cukup lama ini memang membuka kesempatan untuk masyarakat umum untuk berkontribusi. Walau ada juga beberapa situs yang punya sistem ini namun jika dibandingkan artikel di brilio bisa di bilang memang berkualitas dan menarik. Karena memang ada reviewer yang menyeleksi artikel yang masuk dan memutuskan untuk mem-publish nya atau tidak.

Oke pada postingann kali ini mimin akan menceritakan pengalaman asem manis mimin selama nulis di Brilio. Selain nulis di web ini, sebenar nya mimin lebih aktif nulis di brilio. Selain karena hobi, ingin menjadi penulis artikel legal, honor nya juga bisa di bilang banyak untuk anak kuliahan. Karena sebuah artikel yang masuk reward akan berharga Rp, 194.000 (di S&K tertulis 200 ribu namun belum termasuk potongan NPWP) dan memang viewers di brilio ini banyak dan cepat. Baiklah beberapa daftar ini akan memudahkan dalam memahami nya. Cus di simak





Kelebihan Menulis di Brilio

1. Artikel yang baca banyak dan jika beruntung bisa masuk reward

Selain karena situs komunitas penulis, web ini juga bisa dibilang web raksasa dan sangat terkenal. Mereka banyak menjalin kerja sama dengan brand besar dalam bentuk iklan. Pengalaman mimin menulis di web brilio umum nya views sebuah artikel paling sedikit kisaran 30-an. Terbanyak pernah tembus sampai kayak nya 4000 Views dalam kurang lebih seminggu. Berbeda jika menulis di blog pribadi yang mana belum tentu langsung ada yang baca setelah publish. Artikel brilio selalu masuk dalam top result di google / sederhana nya hasil yang muncul di halaman pertama pencarian. Tak seperti blog pribadi.
Dan soal reward untuk kalian yang masih pemula syarat nya agak berat. salah satu artikel kalian harus tembus 1000 views pada bulan yang sama saat artikel tersebut di publish. Jika sudah ada yang pernah tembus, ada kemungkinan besar di bulan depan nya  si reviewer akan memilih salah satu artikel kalian sebagai reward walalu belum tembus 1000 views.

2. Persyaratan dan seleksi artikel nya tidak seribet dan seketat web lain nya

Menurut mimin persyaratan nulis artikel dan mendapatkan transferan dari reward sangat sederhana. Asal punya ktp dan rekening bank kalian sudah bisa menulis di sini. Jika punya NPWP potongan pajak nya akan selisih sedikit dari pada yang tidak punya, ya walaupun selisih nya hanya 0.5%.
Selain persyaratan nya yang mudah, sistem publish artikel nya pun tak seribet web lain menurut mimin. Asal kalian tidak full copas, berbau SARA, dan berbahasa kasar artikel kalian pasti di publish. Mereka biasa nya tetap mem-publish artikel yang memiliki kemiripan / sudah ada (artikel pasaran) di web itu sendiri.
Selain itu kalian juga di perkenan kan mengambil gambar dari google sebagai ilustrasi dan tidak ada batas minimal dan maksimal kata di setiap artikel.


3. Tidak me-pending sebuah artikel sampai 2 minggu lebih

Dan hal lain yang kusukai dari sistem web ini yaitu kejelasan artikel mu di terima / di tolak. Terkadang mereka mem-publish artikel mu hari itu juga. erkadang juga di pending agak lama. Berdasar pengalaman mimin si tidak nyampe 2 minggu lebih, Keputusan nya yaitu artikel mu di reject / di publish oleh mereka.
Tak seperti seperti web tetangga yang pernah mimin coba, hasil nya gantung. Ditolak bukan di publish bukan di masukan kolom revisi juga tidak.

Kekurangan Menulis di Brilio

1. Syarat artikel masuk reward masih membingungkan

Ya memang membingungkan, karena dari pihak Brilio sendiri tidak menjelaskan soal artikel yang masuk rewrad itu bagaimana. Dulu mimin kira yaitu jika masuk dalam 10 besar scoring board baik bulanan maupun total. Namun ternyata tidak, karena dulu saat awal-awal mimin pernah masuk di top scoring board namun tidak ada artikel yang masuk reward.
Jadi pakem nya untuk masuk reward artikel kalian harus tembus 1000 views dalam bulan itu saat artikel mu di publish. Selain itu jika beruntung reviwer akan memilih artikel mu sebagai rewrad walalupun belum tembus 1000 views. Kriteria artikel yang di pilih reviewer pun tidak terlalu jelas. Terkadang artikel yang bersifat informatif, edukaif terpilih, kadang artikel yang berisi opinimu pun bisa dipilih. Ya inti nya tergantung mereka, artikel mu menarik / tidak.

2. Tanggal transfer yang tidak tentu

Salah satu pengalaman asem yang mimin tak lupakan adalah menunggu transferan dari artikel yang masuk reward. Pada web nya, brilio hanya menuliskan uang akan di transfer pada akhir bulan 20-an. Berdasar pengalaman mimin uang akan di transfer pada bulan depan di tanggal-tanggal akhir. Bukan du bulan sama pada saat artikel kalian di publish. Tanggal nya biasa nya setelah tanggal 25 di hari selain sabtu minggu. Pernah juga di transfer bulan lusa nya


Ya itulah pengalaman manis asem yang pernah mimin rasakan selama nulis di bilio.net. Mimin senang karena bisa menulis artikel sesuai minat dan pembaca nya pun banyak. Dan mimin juga senang dan berterima kasih karena pernah mendapat duit dari sana karena artikel mimin yang masuk reward lebih dari 5 kali selama 7 bulan. Untuk kalian yang hobi menulis sesuatu yang bersifat informatif, edukatif  maupun merangkum suatu hal yang unik / lucu kalian bisa mencoba brilio selain web pribadi kalian.
Saran ku untuk yang masih awal-awal, jangan langsung drop jika Viewers artikel kalian tak sesuai ekspektasi. Tetaplah menulis. Selain mengasah keterampilan meulis dan kemampuan berkomunaksi non-verbal, menulis artikel bisa melatih kalian menjadi pribadi yang kritis dan pandai. Salam literasišŸ˜

0 Response to "Pengalaman Menulis Artikel di Brilio"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel