✓ Apa itu Startup, Pengertian dan Karakteristik Startup

Konten [Tampil]
Startup adalah sebuah istilah yang sedang trend dimana sekarang ini. Startup berasal dari kata serapan dari bahasa Inggris yang mempunyai arti tindakan atau proses untuk memulai sebuah organisasi baru atau usaha baru.

Pengertian startup adalah sebuah perusahaan yang belum lama beroperasi atau dengan kata lain perusahaan yang baru berdiri. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang baru dalam tahap pengembangan dan penelitian agar dapat menemukan pasar yang tepat untuk kegiatan bisnis.

Definisi startup diatas menghasilkan pengertian startup adalah perusahaan yang baru berkembang pada akhir tahun 90an hingga 2000an yang mempunyai konsep dibidang teknologi , website, dan internet atau yang berhubungan dengan hal tersebut.

Pengertian Startup


Sejarah Bisnis Startup.

Berdasarkan pengertian startup, maka penggunaan istilah startup berhubungan penggunaan teknologi, website, domain, hosting, internet dan yang lainnya, hal ini terjadi karena dikarenakan istilah Startup mulai popular secara internasional pada masa bubble dot-com.


Apa sih fenomena bubble dot-com? Bubble dot-com adalah periode pada masa 1998-2000 yang banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Pada masa tersebut banyak perusahaan baru yang gencar-gencarnya membuka situs pribadi bagi perusahaannya tersebut.

Setelah itu banyak sekali orang yang mengenal internet sebagai lahan untuk memulai bisnisnya. Dengan berkembangnya teknologi dan internet menjadikan pula berkembangnya startup dimasa sekarang ini.

Karakteristik Perusahaan Startup.

Karakteristik Startup adalah sebagai berikut:
  1. Perusahan yang berusia kurang dari 3 tahun.
  2. Jumlah pegawai perusahaan sekitar 1-20orang.
  3. Pendapatan  perusahaan kurang dari $100.000 per tahun.
  4. Perusahan masih dalam fase pengembangan.
  5. Bergerak dalam bidang teknologi.
  6. Produk yang dihasilkan biasanya berupa aplikasi dalam bentuk digital.
  7. Perusahaan hanya beroperasi melalui website.

Berdasarkan karakteristik startup tersebut, maka dapat diketahui bahwa karakteristik utama startup adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi yang berkaitan dengan produk digital yang dikeluarkan dengan membuat aplikasi.

0 Response to "✓ Apa itu Startup, Pengertian dan Karakteristik Startup"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel