Cara jurnal transaksi penjualan di MYOB

Penjualan adalah suatu proses penyerahan barang jasa dari perusahaan kepada konsumen dimana konsumen menyerahkan sesuatu yang berharga untuk ditukarkan dengan barang hasil prosuksi perusahaan. MYOB  memberikan fitur pencatatan penjualan baik penjualan barang ataupun jasa, sehingga pengguna dapat langsung memasukan nominal transaksi penjualan ke myob.

Transaksi penjualan tentunya mewajibkan kita memungut pajak pertambahan nilai atau yang lebih dikenal dengan istilah PPN serta melaporkannya dengan membuat SPT yang berlaku. Jadi bagaimana cara mencatat transaksi penjualan pada MYOB. Ikuti langkah langkah mencatat penjualan pada myob sebagai berikut ini


Contoh soal transaksi penjualan di MYOB
15 januari 2018 Sold the following item to Verra mutmainah Net 30 After EOM credit term. All the good & invoice was Received;
  • ship 7 units of Cooper Plumbing (CA) Rp 2.000.000/unit (Ex PPN)
  • ship 5 units of Hardware (HD) Rp 1.000.000/unit (ex PPN)
  • ship 3 maple cycamore Rp 750.000/unit (ex PPN)
Transaksi penjualan dicatat pada myob sebagai berikut


a. Bukalah menu Sales dan pilih Enter Sales.


b. Kemudian anda pilih layout, layout berguna untuk mengatur apakah tagihan tersebut merupakan penjualan barang dagang ataukah penjualan jasa.

Kita setting ke Item kerena kita akan melakukan transaksi penjualan barang dagangan, jika anda melakukan penjualan jasa maka anda pilih Servise.


c. Isi termin yang sesuai dengan surat perjanjian. EOM dalam myob adalah end of mouth atau akhir bulan ya jadi Net 30 After EOM maksudnya akhir bulan transaksi terjadi.


d. setelah itu anda isi nama customer anda, contohnya adalah vera mutmainah, isi data transaksi penjualan tersebut dan jangan lupa lakukan pemungutan pajak ya.



e. Kemudian anda dapat menekan tombol CTRL + R untuk melihat hasil penjurnalan di myob, jika sudah benar maka anda tinggal klik Record.


Nah mudah kan, cara mencatat transaksi penjualan di myob, semoga anda dapat praktek catat penjualan myob ya.

0 Response to "Cara jurnal transaksi penjualan di MYOB"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel