Contoh soal internal audit greget dalam pengauditan 2

Konten [Tampil]

Pengauditan merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa program studi akuntansi, karena audit merupakan dasar untuk mengetahui apakah laporan keuangan yang dibuat oleh manajer dari suatu perusahaan telah benar sesuai dengan ketentuan yang ada dalam pedoman standar akuntansi keuangan (PSAK) atau mereka sengaja melakukan kecurangan untuk mendapatkan suatu keuntungan dari kecurangan tersebut.

Pengauditan adalah suatu proses yang sistematis untuk mendapatkan, menganalisis serta mengevaluasi bukti bukti transaksi dengan suatu asersi tentang kegiatan ekonomi yang ada diperusahaan dengan tujuan untuk memberikan keyakinan atas laporan keuangan yang telah dibuat oleh manager suatu perusahaan. dalam materi kali ini saya akan membahas mengenai internal audit. Apa itu internal audit atau intern audit? internal audit merupakan pemeriksaan yang dilakukan oleh pegawai internal perusahaan terhadap laporan keuangan serta catatan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, serta kebijakan yang diterapkan oleh manajemen atas dan kepatuhan terhadap kebijakan dari ikatan profesi yang berlaku.

Kali ini saya akan memberikan contoh soal yang cukup greget yang tidak akan bisa dijawab oleh rekan anda ketika presentasi didepan kelas yaa hehe

1. Dari mana sumber pendapatan dari Internal auditor?

Jawab: Sumber pendapatan internal auditor adalah berasal dari perusahaan dimana mereka bekerja, karena mereka merupakan salah satu karyawan dari perusahan tersebut.

2. Kita tahu bahwa eksternal auditor mengharuskan client untuk menyerahkan client representation letter atau surat pernyataan berlanggan, apakah internal auditor juga diharuskan membuat client representation letter?

Jawab Internal auditor tidak perlu meminta client untuk membuat letter karena mereka merupakan karyawan internal perusahaan. Kita tahu bahwa client representation letter digunakan sebagai alat untuk membela diri ketika ada pihak yang berkepentingan yang merasa dirugikan ketika membaca laporan keuangan hasil audit kita, kita dapat menunjukkan client representation letter untuk membela diri karena auditor telah meminta client untuk memberikan data yang sebenarnya telah terjadi dalam perusahaan secara keseluruhan.

3. Apakah internal auditor independen?

Jawab : Sesungguhnya ketika kita menjadi auditor harus independen, karena hal tersebut sudah ada dalam pernyataan 10 standart atestasi. Independen dalam audit terdapat 3 tipe independen, yaitu independen dalam penampilan, independen dalam pikiran, dan independen dalam tindaan. Jadi internal audit bisa saja independen dalam pikiran dan tindakan tetapi sulit untuk independen dalam penampilan karena mereka merupakan pegawai perusahaan sendiri yang digaji oleh perusahaannya sendiri.

4. Apakah audit internal hanya tertarik pada masalah kesalahan material saja?

Jawab : Internal audit tertarik baik pada kesalahan material maupun pada kesalahan yang tidak material baik yang mempengaruhi laporan keuangan ataupun yang tidak mempengaruhi laporan keuangan.

5. Apakah internal auditor itu dibutuhkan dan diharuskan dalam perusahaan?

Jawab : hal ini bergantung kepada perusahaan tersebut. Dalam membuat suatu departemen internal audit harus selalu mempertimbangkan biaya dan manfaatnya, jangan sampai biaya yang dikeluarkan dalam membangun internal audit justru memiliki manfaat yang sedikit bagi perusahaan yang bisa menyebabkan perusahaan tersebut rugi.

6. Apakah internal auditor harus bekerjasama dengan eksternal auditor dalam mengaudit?

Jawab: tentu saja tidak, eksternal audit hanya menggunakan laporan yang dibuat oleh internal audit untuk memeriksa secara singkat dan hal tersebut tidak akan bisa mengganti audit program dan audit prosedur yang digunakan.

7. Ketika internal audit departemen di tiadakan apakah ada dampak terhadap perusahaan?

Jawab : tentunya ada. Karena masing-masing karyawan merasa tidak diawasi sehingga mereka merasa bebas bertindak semaunya. Hal tersebut akan bisa menyebabkan suatu kecurangan atau dikenal dengan istilah fraud.

8. Apakah fraud bisa di hapuskan dengan pengendalian intern yang kuat?

Jawab : Sebaik-baiknya pengendalian intern perusahaan tidak akan bisa menghapus segala pola kecurangan, karena pengendalian intern itu diciptakan oleh manusia sedangkan manusia merupakan faktor utama penyebab kecurangan.

9. Kenapa terjadi korupsi?

Jawab : Korupsi terjadi karena ada beberapa faktor yaitu GONE, greedy/keserakan, opportunity/ kesempatan, need/kebutuhan, ekposure/ekplorasi. Dimana faktor tersebut berasal dari dalam atau luar pribadi individu masing-masing

10. Kenapa korupsi banyak dilakukan oleh kalangan berpendidikan.

Jawab : Karena pada kalangan berpendidikan mereka mempunyai pekerjaan yang lebih baik, dan pekerjaan tersebut diselingi oleh sifat yang tamak pada mereka, sehingga mereka mengabaikan gelar pendidikan yang mereka raih susah payah tersebut.

11. Apa hasil dari audit internal?

Jawab : audit internal menghasilkan suatu temuan audit (audit finding) dimana audit finding ini akan memberitahu apa yang salah dalam perusahaan tersebut. Audit finding tersebut harus segera dilaporakan kepada manajemen atas untuk segera diambil langkah pencegahan kecurangan.

12. Apakah internal auditor memiliki standar dalam melaporkan audit finding?

Jawab Internal audit di indonesia belum memiliki standar pelaporan, akan tetapi biasanya mereka mengacu kepada standars of reporting dari The institute of Internal Auditors.

Demikianlah contoh soal dalam internal audit yang paling greget hehehe

0 Response to "Contoh soal internal audit greget dalam pengauditan 2"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel