Jurnal Penerimaan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus dan Contoh Soalnya

Konten [Tampil]

Jurnal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus dan contoh soalnya merupakan metode yang dilalui perusahaan dalam rangka mencatat segala penerimaan kas dari nasabah. Pelanggan atau customer bertugas memberikan surat pesanan atas barang yang diinginkan untuk konsumsi atau diperdagangkan kembali.

Contoh soal piutang tak tertagih beserta jawabannya merupakan metode yang dikerjakan perusahaan dalam rangka mendapatkan kepastian pembayaran dari nasabahnya. Besarnya kerugian piutang dapat ditaksir menggunakan analisis kredit. Rasio perputaran piutang dan barang berakibat pada penurunan performa arus kas masuk perusahaan.

Metode penghapusan piutang langsung dan tidak langsung melalui akun cadangan kerugian piutang harus diatur dalam kebijakan pencatatan perusahaan. Apa itu allowance for bad debt merupakan akun yang digunakan untuk menampung estimasi kerugian atas ketidaktepatan waktu pembayaran tagihan dari nasabah.

Jurnal Penerimaan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus dan Contoh Soalnya

Apa itu Allowance for Bad Debts

Apa itu allowance for bad debts? pengertian cadangan kerugian piutang tak tertagih adalah keuntungan yang disisakan perusahaan untuk mengantisipasi adanya pelanggan yang gagal bayar. Umur piutang yang lama menandakan pelanggan tidak memiliki kemampuan finansial dalam membayarkan tagihan jangka pendeknya.

Jurnal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus dan contoh soal piutang tak tertagih merupakan bagian dari sistem informasi akuntansi. Setiap perusahaan dapat memberikan kepastian tentang pembayaran yang diselenggarakan untuk mengantisipasi kejadian luar biasa yang diterima pelanggan.

Apa itu allowance for bad debts? pengertian biaya kerugian piutang adalah pengeluaran perusahaan yang dialokasikan untuk sebagian besar piutang pelanggan yang tidak mampu dibayarkan. Ketentuan umum perpajakan tidak memperkenankan cadangan kerugian piutang sebagai pengurang pendapatan kena pajak.

Baca Juga: Contoh Soal Transaksi Akuntansi Pemerintah

Kelemahan Penghapusan Piutang Secara Langsung

Kelemahan penghapusan piutang secara langsung adalah mengurangi kegunaan dari laporan posisi keuangan dan laba rugi. Perusahaan yang sedang mengalami kenaikan omzet ditahun berjalan yang tidak diimbangi persiapan atas kegagalan pembayaran nasabah mengakibatkan laporan keuangan mengindikasikan adanya kerugian.

Kelebihan penghapusan piutang secara langsung adalah meningkatkan omzet perusahaan ditahun berjalan. Setiap pelanggan diwajibkan membayarkan tagihan secara tepat waktu sesuai invoice dan faktur pajaknya. Batas pelaporan spt masa ppn adalah akhir bulan berikutnya sesuai ppn kurang bayar atau ppn lebih bayar.

Jurnal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus dikaitkan dengan sistem informasi akuntansi. Internal control kas dan setara kas harus diimbangi dengan adanya pembagian tugas yang baik. Mengapa ada piutang yang tidak bisa ditagih sebab entitas mengalami keterlambatan analisis kredit dari pelanggan.

Baca Juga: Contoh Soal Hutang Lancar dan Hutang Jangka Panjang

Contoh Soal Pelunasan Piutang Tak Tertagih yang Sudah Dihapus

Contoh soal pelunasan piutang tak tertagih yang sudah dihapus bermanfaat bagi perusahaan untuk mendatangkan arus kas masuk. Metode pembayaran tagihan yang disarankan saat bertransaksi dengan perusahaan adalah transfer bank dan cash. Keterlambatan pembayaran tagihan mengakibatkan tertundanya pengiriman barang dan jasa.

Contoh Soal Penjualan Kredit dan Jurnal Pencatatannya

Contoh soal penjualan kredit dan jurnal pencatatannya terjadi ketika PT Rafinternet mendapatkan kesempatan menjual barang senilai Rp 24.000.000 secara kredit. Pelanggan diberikan termin pembayaran selama 2/10 n/60, bagaimana jurnal penjualan kredit yang harus dicatat oleh perusahaan?

Tanggal Keterangan DebitKredit
10/03/2023 Piutang Dagang Rp 26.640.000
Penjualan Rp 24.000.000
PPN Keluaran Rp 2.640.000

Contoh Soal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung

Contoh soal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berakibat terhadap komponen informasi keuangan perusahaan. PT Rafinternet mengindikasikan pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan dan memutuskan melakukan penghapusan piutang secara langsung. Bagaimana jurnal penghapusan yang harus dibuat?

Tanggal Keterangan DebitKredit
10/03/2023 Beban Kerugian Piutang Rp 26.640.000
Piutang Dagang Rp 26.640.000

Contoh Jurnal Penerimaan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus

Contoh jurnal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus dan contoh soal piutang tak tertagih berakibat terhadap kemampuan financial perusahaan. Termin pembayaran merupakan jadwal yang disepakati dengan pelanggan untuk mendatangkan arus kas masuk. Adapun jurnal pelunasan piutang yang sudah dihapus adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
10/03/2023 Piutang Dagang Rp 26.640.000
Beban Kerugian Piutang Rp 26.640.000
(Jurnal pembalik penghapusan piutang)
Kas Rp 26.640.000
Piutang Dagang Rp 26.640.000
(jurnal pelunasan tagihan)

Baca Juga: Cara Mendaftar Sertifikasi CA Certified Accountant

Demikian jurnal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus dalam materi penghapusan piutang tak tertagih. Allowance for bad debt bertujuan agar keuntungan perusahaan dapat dicadangkan sebagian untuk mengantisipasi kerugian yang diakibatkan keterlambatan pembayaran pelanggan dan kegagalan pembayarannya.

0 Response to "Jurnal Penerimaan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus dan Contoh Soalnya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel