Cara Input Saldo Awal Aktiva Tetap di Zahir Online dan Zahir Accounting

Konten [Tampil]

Cara input saldo awal aktiva tetap di zahir online dan zahir accounting merupakan kegiatan perusahaan dalam rangka mendapatkan aset tetap setiap periodenya. Seluruh kekayaan perusahaan dapat digunakan untuk investasi aset tetap jangka panjang dalam rangka meningkatkan produktivitas kegiatan produksinya.

Cara memasukkan saldo awal aset tetap di zahir bertujuan agar perusahaan tidak perlu membuat jurnal penyusutan secara manual per periodenya sebab zahir accounting dapat melakukan proses akhir bulan untuk perhitungan beban penyusutan dan laba rugi selisih kurs yang terjadi di periode tersebut secara otomatis.

Bagaimana cara membuat saldo awal aktiva tetap di zahir accounting dapat memperlakukan adanya perhitungan beban depresiasi secara otomatis. Berapa tahun umur ekonomis penyusutan untuk kelompok peralatan, kendaraan, bangunan dan tanah disesuaikan ketentuan umum perpajakan yang mengatur kondisi tersebut.

Cara Input Saldo Awal Aktiva Tetap di Zahir Online dan Zahir Accounting

Apa yang Dimaksud Akun Penting pada Zahir Accounting

Pengertian akun penting adalah pos laporan keuangan yang dikaitkan dengan dokumen bukti transaksi. Misalnya saat perusahaan membuat invoice atau surat tagihan kepada pelanggan maka sistem zahir accounting secara otomatis membuat jurnal pengakuan pendapatan dengan metode perpetual atau periodik.

Cara input saldo awal aktiva tetap di zahir online dan zahir accounting merupakan komponen informasi perpajakan yang muncul saat entitas melaksanakan transaksi keuangan. Kekurangan zahir accounting 6 adalah perusahaan diwajibkan membeli lisensi dengan harga beli tinggi disesuaikan laporan keuangan yang diinginkan.

Apa yang dimaksud akun penting pada zahir online? pengertian akun penting pada program komputer akuntansi zahir accounting 6 adalah akun yang digunakan untuk membuat jurnal secara otomatis saat entitas mengeluarkan bukti transaksi seperti purchase order, purchase requisition bahkan sales invoice.

Baca Juga: Contoh Program Komputer Akuntansi Selain Zahir

Kelebihan dan Kekurangan Zahir Accounting 6

Kelebihan dan kekurangan zahir accounting 6 harus dimengerti oleh perusahaan saat melakukan permintaan pembelian lisensi. Zahir accounting 6 adalah program komputer akuntansi yang digunakan untuk memperhitungkan laba kotor dan laba bersih secara otomatis sehingga neraca saldo dapat dilihat pengguna laporan keuangan.

Kelebihan zahir accounting 6 adalah adanya grafik yang membantu pemegang saham dalam membuat laporan keuangan. Setiap perusahaan harus menyelenggarakan transaksi keuangan untuk memperhitungkan total kekayaan yang didapatkan selama satu periode agar pajak penghasilan terutang dapat dibayarkan.

Kekurangan zahir accounting 6 adalah program tidak dapat melakukan perhitungan biaya tenaga kerja per jam dan biaya per material bahan baku. Perhitungan harga pokok produksi diperhitungkan berdasarkan total pemakaian bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik setiap tahunnya.

Baca Juga: Langkah-Langkah Install Zahir Online

Cara Memasukkan Saldo Awal Aktiva Tetap di Zahir Accounting

Cara memasukkan saldo awal aktiva tetap di zahir accounting merupakan informasi awal perhitungan biaya penyusutan setiap periodenya. Program komputer akuntansi sebaiknya dapat mengalokasikan kebutuhan antar departemen di perusahaan misalnya divisi keuangan, marketing, ppic dan hrd.

Bagaimana cara mengisi saldo awal aset tetap di zahir online mewajibkan entitas mempersiapkan detail aktiva tetap yang digunakan perusahaan. Fasilitas yang digunakan untuk menginput transaksi yang tidak memiliki jurnal sendiri adalah data harga tetap. Data harta tetap artinya fasilitas untuk mencatat segala aset yang dimiliki perusahaan.

Cara input pembelian aktiva tetap secara kredit dan tunai di zahir memperlukan adanya perjanjian sewa menyewa. Leasing adalah lembaga keuangan yang mampu memberikan sebagian kekayaan perusahaannya untuk membantu pihak ketiga memiliki aset tetap yang dimiliki sesuai komponen keuangannya.

Cara Input Saldo Awal Aset Tetap di Zahir Online

  1. Buka database zahir online dan zahir accounting yang dimiliki
  2. Login menggunakan akun zahir online
  3. Masuk ke menu data-data
  4. Pilih menu Data Harta Tetap
  5. Klik pilihan baru
  6. Siapkan informasi aktiva tetap seperti nama, kelompok aset, umur manfaat dan nilai residunya
  7. Maka, perhitungan akumulasi penyusutan aset akan dilakukan secara otomatis
  8. Pastikan perhitungan zahir sesuai perhitungan secara manual
  9. Cara Input Saldo Awal Aktiva Tetap di Zahir Online dan Zahir Accounting

Baca Juga: Cara Membeli Lisensi Zahir Accounting Secara Resmi

Demikian cara input saldo awal aktiva tetap di zahir online dan zahir accounting dalam program komputer akuntansi keuangan. Zahir accounting 6 adalah sistem informasi keuangan perusahaan jasa, manufaktur dan dagang yang disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan dan ketentuan umum perpajakan.

0 Response to "Cara Input Saldo Awal Aktiva Tetap di Zahir Online dan Zahir Accounting"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel