Contoh Soal Wesel Tidak Diterbitkan Pada Nilai Nominal

Konten [Tampil]

Contoh soal wesel tidak diterbitkan pada nilai nominal berkaitan dengan alokasi pendapatan bunga wesel setiap periodenya. Wesel berbunga dan wesel tidak berbunga akan menghasilkan pendapatan bunga ketika perusahaan menyimpan surat berharga sampai berakhir tanggal jatuh temponya.

Contoh soal piutang wesel dan jawabannya berkaitan dengan laporan kinerja keuangan karena akan menandingkan pendapatan dan beban selama satu periode. Pengertian surat wesel menurut para ahli adalah surat perintah untuk melakukan pembayaran uang pada tanggal tertentu sejumlah nilai tertentu.

Contoh soal pilihan ganda tentang piutang beserta jawabanya akan mengalokasikan sejumlah pembayaran seharusnya diterima perusahaan dimasa lalu. Piutang wesel timbul ketika perusahaan memperoleh penghasilan dari penjualan barang atau jasa secara kredit bahkan adanya perpanjangan waktu pembayaran tagihan tertentu.

Contoh Soal Wesel Tidak Diterbitkan Pada Nilai Nominal


Perbedaan Surat Wesel dan Surat Promes

Perbedaan surat wesel dan surat promes berkaitan dengan tagihan yang harus dibayarkan pelanggan kepada perusahaan pada saat tanggal jatuh tempo. Surat wesel akan diberikan sebagai bukti bahwa pelanggan mampu membayarkan tagihan tertentu pada tanggal jatuh tempo yang telah disepakati.

Bedanya surat promes dan surat wesel adalah penerbitan surat promes berkaitan dengan janji untuk membayarkan tagihan tertentu. Penyerahan surat promes menunjukkan kesanggupan perusahaan untuk membayarkan tagihan dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Piutang wesel diakui sebagai aktiva perusahaan.

Perbedaan surat wesel dan surat promes yaitu wesel digunakan untuk meminjam uang atau memperpanjang batas waktu pelunasan tagihan yang sudah jatuh tempo. Karakteristik piutang wesel adalah kemampuan perusahaan untuk menagih piutang yang dimiliki pelanggan pada saat jatuh tempo barang tersebut.

Baca Juga: Contoh Keluarnya Anggota Sekutu Karena Meninggal Dunia

Contoh Soal Pilihan Ganda Tentang Piutang Wesel dan Pembahasannya

Contoh soal pilihan ganda tentang piutang wesel dan pembahasannya meliputi pengakuan piutang, penilaian piutang dan penyelesaian piutang. Piutang dapat diselesaikan dengan cara membayarkan kas, menyerahkan aktiva lainnya, menggantikannya dengan hutang tertentu bahkan diakuinya sebagai modal perusahaan.

Contoh soal dan jawaban tentang piutang wesel harus menentukan tanggal jatuh tempo. Pendapatan bunga wesel bergantung besarnya persentase bunga yang diberikan dan jumlah hari yang dilalui perusahaan. Pada akhir masa pembayaran, perusahaan akan menerima piutang dagang bersamaan pembayaran bunga tersebut.

Contoh soal pilihan ganda tentang piutang wesel beserta jawabannya tentu diakui pada saat terjadinya penyerahan barang kena pajak atau perubahan piutang dagang menjadi piutang wesel. Apabila debitur ingin memperpanjang jangka waktu kredit maka sebaiknya perusahaan meminta debitur menerbitkan wesel tagih.

Baca Juga: Contoh Akuntansi Penggabungan Usaha Metode Purchase

Contoh Soal Wesel Berbunga dan Wesel Tidak Berbunga

Contoh soal wesel berbunga dan wesel tidak berbunga bergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli. Piutang wesel timbul karena adanya penjualan kredit, pemberian pinjaman dan perubahan piutang usaha yang dimiliki perusahaan sebagai akibat penerapan kebijakan akuntansi di perusahaan tersebut.

Contoh soal piutang wesel dan jawabannya dilakukan sebagai upaya menghitung tanggal jatuh tempo dan pendapatan bunga yang diterima perusahaan pada akhir periode. Wesel tagih dan wesel bayar dapat disimpan perusahaan sampai akhir periode dimana pelunasan akan menerima pendapatan bunga dan piutangnya.

Contoh perhitungan pendapatan bunga dari wesel bunga dan wesel tidak berbunga berlangsung pada PT Rafinternet yang mengeluarkan wesel senilai Rp 42.400.000, bunga 8%, jangka waktu 90hari. Apabila penerbitan wesel pada tanggal 5 juli. Bagaimana ayat jurnal transaksi piutang wesel yang harus dicatat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/07/2021Piutang Wesel Rp 42.400.000
Penjualan Rp 42.400.000
31/07/2021Piutang Bunga Wesel Rp 271.825
Pendapatan Bunga Rp 271.825
31/08/2021Piutang Bunga Wesel Rp 324.099
Pendapatan Bunga Rp 324.099

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka

Demikian contoh soal wesel tidak diterbitkan pada nilai nominal atau wesel tidak berbunga semoga perusahaan memperoleh pembayaran piutang wesel dan pendapatan bunga pada tanggal yang telah ditentukan. Surat promes dan surat wesel harap sebagai barang bukti pada saat pelunasan tagihan.

0 Response to "Contoh Soal Wesel Tidak Diterbitkan Pada Nilai Nominal"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel