Metode Pencatatan Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Konten [Tampil]

Metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan menjadikan sekutu dapat menjualbelikan seluruh modal yang dimiliki dalam satu badan usaha. Metode goodwill dan metode bonus digunakan untuk mempertimbangkan total kekayaan yang diinvestasikan terhadap hak yang didapatkan oleh sekutu baru.

Contoh soal dan jawaban persekutuan firma terdiri dari pendirian dan pembagian laba rugi, masuknya anggota baru dan keluarnya anggota lama serta proses likuidasi firma. Penerimaan sekutu baru menjadikan firma harus mengubah akta pendirian karena sudah tidak sesuai dengan karakteristik firma yang memiliki umur terbatas.

Contoh soal perubahan kepemilikan persekutuan diakibatkan adanya ketertarikan sekutu baru untuk melakukan investasi dan sekutu lama yang tidak cocok dalam bidang bisnis yang dilakukan. Penyebab terjadinya perbedaan persentase pembagian laba rugi karena firma bergantung tingkat partisipasi sekutu.

Metode Pencatatan Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan


Penerimaan Sekutu Baru dan Pelepasan Sekutu Lama

Penerimaan sekutu baru dan pelepasan sekutu lama adalah tindakan anggota dalam mempertahankan modal untuk menjalankan kegiatan bisnis agar memperoleh keuntungan. Akuntansi pembentukan persekutuan akan dijalankan agar diketahui perbedaan persekutuan dan perseroaan terbatas.

Contoh soal penerimaan sekutu baru dan pelepasan sekutu lama berakibat pada modal yang telah diinvestasikan dan pembagian laba rugi tahun tersebut. Persekutuan atau firma adalah badan usaha yang didirikan oleh sekutu dengan menyetorkan modal yang memiliki kewajiban tidak terbatas pada harta yang hanya disetorkan saja.

Contoh soal pelepasan sekutu lama dan penerimaan sekutu baru berakibat pada laporan posisi keuangan awal pendirian. Metode pembagian laba rugi harus diterangkan dalam akta pendirian seperti jumlah laba ditahan dan kapan waktu membagikan laba ditahan sebagai keuntungan bagi sekutu yang telah berpartisipasi.

Baca Juga: Cara Menghitung Laporan Arus Kas Full Costing dan Variable Costing

Contoh Soal Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan dan jawabannya menjadi materi yang harus dipahami oleh calon akuntan. Penyebab terjadinya perubahan pemilikan persekutuan dapat dilakukan sebagai upaya mencegah perubahan modal yang tidak sesuai distribusi sesuai akta pendirian.

Contoh soal perubahan pemilikan firma dan jawaban menjadi dasar dalam menentukan metode pembagian laba rugi. Metode pembagian laba rugi persekutuan dapat berupa laba ditahan yang dibagikan secara sama atau rasio tertentu bahkan modal yang dimiliki masing-masing sekutu periode tersebut.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan persekutuan berkaitan dengan karakteristik firma yang memiliki usia terbatas. Persekutuan akan dibubarkan apabila tidak sesuai dengan akta pendirian, undang-undang yang berlaku bahkan adanya putusan pengadilan tentang usaha yang telah dijalankan.

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Sewa Guna Usaha dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Pemilikan Persekutuan

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan terjadi ketika sekutu melakukan pelanggaran atau adanya ketertarikan investor baru untuk menanamkan kekayaan diperusahaan. Likuidasi persekutuan adalah proses merubah aktiva non kas menjadi kas dan akan didistribusikan kepada pemilik modal akhir.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan dan jawabannya menjadi dasar bagi akuntan dalam membentuk pembagian laba rugi firma sesuai kesepakatan. Masuknya anggota sekutu baru berarti persekutuan lama dibubarkan dan didirikannya firma yang baru dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Contoh kasus perubahan kepemilikan firma persekutuan terjadi pada Firma Cahaya dimana modal akhir sekutu Rafinternet sebesar Rp 77.000.000 dan Rafinesia sebesar Rp 55.000.000. Apabila sekutu baru bergabung dengan menyerahkan kas sebesar Rp 38.000.000 dan memperoleh hak sebesar 23%. Buatlah jurnal masuknya anggota sekutu baru tersebut.

Cara menghitung metode bonus dan metode goodwill dalam penerimaan sekutu baru dapat menghasilkan perbandingan antara modal yang disetoran dan kekayaan yang diakui di persekutuan. Adapun contoh perhitungan metode bonus sebagai berikut.

Jumlah Modal Firma
- Rafinternet Rp 77.000.000
- Rafinesia Rp 55.000.000
- Sekutu Baru Rp 38.000.000
Total Kekayaan Rp 170.000.000
Hak Modal Sekutu Baru Rp 39.100.000
Kelebihan Setoran Rp 1.100.000
Pemberian bonus
- Rafinternet Rp 641.667
- Rafinesia Rp 458.333
Penambah Hak Sekutu Baru Rp 1.100.000

Jurnal masuknya anggota sekutu baru mengakibatkan dibubarkannya persekutuan lama dan akan didirikan firma yang baru bersamaan dengan akta pendirian perusahaan. Adapun pencatatan jurnal yang dibuat pada akuntansi pendirian persekutuan adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2021Kas Rp 38.000.000
Modal Rafinternet Rp 641.667
Modal Rafinesia Rp 458.333
Modal Sekutu Baru Rp 39.100.000

Baca Juga: Perbedaan Metode Goodwill dan Metode Bonus

Demikian metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan semoga dapat membantu memahami materi akuntansi keuangan lanjutan. Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan akan membantu dalam menentukan jumlah persentase pembagian laba rugi firma.

0 Response to "Metode Pencatatan Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel