Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Firma

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan firma persekutuan memiliki karakteristik limired life artinya memiliki umur terbatas. Perubahan anggota firma seperti masuknya sekutu baru dan keluarnya sekutu lama menjadikan legalitas firma secara hukum telah dibubarkan sedangkan secara ekonomis masih dapat dilanjutkan.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan berisikan materi tentang pembentukan persekutuan, perubahan anggota sekutu bahkan likuidasi firma persekutuan. Perbedaan metode goodwill dan metode bonus dalam persekutuan berkaitan tentang modal yang dicatatkan dilaporan keuangan firma.

Contoh soal dan jawaban masuknya sekutu baru dan keluarnya sekutu lama di persekutuan firma menjadi pembahasan sebab keanggotaan firma sudah berbeda dengan yang ada di akta pendirian. Perubahan kepemilikan firma karena ada anggota yang meninggal dunia atau keluar harus diketahui oleh akuntan.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Firma


Sebutkan dan Jelaskan Metode Pencatatan Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Sebutkan dan jelaskan metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan terdiri dari metode goodwill dan metode bonus. Perbedaan metode goodwill dan metode bonus adalah pengakuan modal sekutu yang disetorkan ke firma.

Modal anggota baru dicatat lebih besar daripada modal yang disetorkan kepada firma menjadikan adanya selisih yang diakui sebagai hak milik sekutu. Metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan dapat dipilih antara metode bonus dan metode goodwill.

Sebutkan dan jelaskan metode pencatatan masukknya anggota baru dalam persekutuan diawali dengan pendirian firma dalam akta pendirian. Prosedur masuknya sekutu baru harus ditulis dan diterangkan dalam firma yang berisikan informasi kelanjutan persekutuan atau pembubaran firma.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi 2 Departemen

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan Karena Anggota Baru Masuk

Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan sebab masuknya anggota sekutu baru berkaitan dengan kelebihan setoran modal daripada harta yang diakui di firma. Prosedur masuknya sekutu baru menjadikan anggota lama harus mengakui adanya hak dan kewajiban anggota baru tersebut.

Contoh soal perubahan kepemilikan persekutuan terjadi ketika Mr. Raffi menyetorkan kas ke firma FAFAFA sebanyak Rp 5.000.000 dan diakui sebesar 23% dari jumlah modal keseluruhan anggota firma. Apabila laporan keuangan firma yang dilaporkan sebagai berikut.

- Modal Kakraffi Rp    40.000.000
- Modal Mbahraffi Rp 15.000.000
- Modal Kakekraffi Rp 8.000.000

Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Masuknya anggota baru dalam persekutuan akan merubah komposisi modal di akta pendirian. Prosedur masuknya anggota sekutu baru dapat dilakukan dengan menyetorkan kas yang dinilai sebesar nilai nominal dan aset tetap yang dinilai berdasarkan nilai wajar.

Prosedur masuknya anggota sekutu baru akan merubah presentasi permodalan sekutu lama. Anggota baru akan menjadi pemilik firma bersama-sama dengan anggota sekutu lama sehingga hak dan kewajiban anggota sekutu melekat ketika sudah setor dana.

Contoh soal penerimaan sekutu baru harus menggunakan metode sesuai kesepakatan karena berpengaruh terhadap komposisi modal. Perubahan kepemilikan persekutuan ppt dan pdt menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan 1 yang harus dimengerti sebelu memulai praktikum akl.

Baca juga: Contoh Soal Likuidasi Persekutuan Metode Goodwill

Contoh Soal Metode Bonus dan Metode Goodwill

Contoh soal metode bonus dan metode goodwill menjadikan materi akuntansi keuangan lanjutan yang menarik sebab adanya perubahan kepemilikan persekutuan. Perbedaan metode goowill dan metode bonus akan menentukan presentasi kepemilikan setelah adanya anggota sekutu baru yang masuk.

Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan firma sebab adanya anggota baru masuk dilakukan dengan menghitung jumlah keseluruhan modal di firma dan membandingkan antara jumlah kas yang disetor dengan modal yang ada.

- Modal Kakraffi Rp    40.000.000
- Modal Mbahraffi Rp 15.000.000
- Modal Kakekraffi Rp 8.000.000
- Modal Masraffi Rp 5.000.000
Total Modal Firma Rp 68.000.000
Hak Mr Raffi Rp 15.640.000
Kelebihan Modal Rp 10.640.000

Kelebihan modal anggota baru dapat dicatat sebagai bonus sekutu baru yang mengurangi hak dari sekutu lama. Oleh karena itu, hak sekutu lama akan berkurang sebanyak Rp 10.640.000 yang dibagi 3 sekutu.

Sekutu Lama Modal Awal PersentasePenurunan Modal
- Modal Kakraffi Rp 40.000.000 63% Rp 6.703.200
- Modal Mbahraffi Rp 15.000.000 24% Rp 2.553.600
- Modal Kakekraffi Rp 8.000.000 13% Rp 1.383.200

Baca Juga: Contoh Soal Penerimaan Sekutu Baru Metode Goowill

Jurnal Perubahan Kepemilikan Firma Anggota Baru Masuk

Tanggal Keterangan DebitKredit
03 Juli 2020 Kas Rp 5.000.000
Modal Kakraffi Rp 6.703.200
Modal Mbahraffi Rp 2.553.600
Modal Kakekraffi Rp 1.383.200
Modal Mr.   Raffi Rp 15.640.000

Demikianlah contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan firma sebab adanya anggota baru masuk semoga anda dapat memahaminya ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Firma"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel