Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Akad Murabahah (Markup Harga dan Cost Recovery)

Konten [Tampil]

Contoh soal essay dan pilihan ganda akad murabahah dengan markup harga dan cost recovery merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka menyelenggarakan kegiatan pencatatan berbisnis. Setiap nasabah diperkenankan mengajukan berbagai macam pembiayaan kepada bank syariah agar dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Cara menghitung nisbah bagi hasil pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah diperlukan agar setiap perusahaan dapat memperkuat sistem informasi akuntansinya. Tujuan akad murabahah adalah mempersatukan permintaan dan penawaran kas agar masing-masing pihak mendapatkan arus kas yang diinginkannya.

Contoh akad murabahah dalam kehidupan sehari-hari layak menjadi pilihan agar setiap perjanjian kerjasama mendatangkan keuntungan yang besar. Apakah akad murabahah dapat menggunakan uang muka sebagai jaminan? Tentu dapat dilakukan agar bank syariah yakin terhadap kemampuan dari nasabahnya.

Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Akad Murabahah (Markup Harga dan Cost Recovery)

Cara Penentuan Angsuran Murabahah

Cara penentuan angsuran murabahah harus ditentukan pada awal transaksi untuk menghindari konflik kepentingan. Setiap nasabah diperkenankan memaksimalkan keuntungan yang dimilikinya agar dapat memperluas pangsa pasar sehingga kekayaan dapat diatribusikan sesuai kepercayaan dari masing-masing nasabah.

Contoh soal essay dan pilihan ganda akad murabahah perlu menghindari praktik riba. Pengertian riba menurut para ahli adalah tindakan seseorang dalam rangka memaksimalkan potensi keuntungan dari pemberian pinjaman melebihi apa yang dibayarkan. Riba diharamkan sebab mengandung unsur yang merugikan salah satu pihak.

Cara menentukan jumlah angsuran dalam bai al murabahah ditentukan berdasarkan kemampuan dari nasabah. Nasabah berhak menentukan jumlah waktu pembayaran, nominal pembayaran per periode dan batas waktu pembayaran agar bank syariah memaksimalkan keuntungan yang didapatkan setiap saatnya.

Baca Juga: Apakah Bisa Membayarkan Cicilan Bank Lewat Shopee

Contoh Soal Pilihan Ganda Akad Murabahah dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda akad murabahah dan jawabannya menjadi bagian dari prosedur sistem informasi keuangan. Pengenaan denda dapat diberikan kepada pembeli yang lalai dalam menjalankan kewajibannya. Dena harus diakui sebagai penambah dana kebajikan dan dilaporkan pada catatan atas laporan posisi keuangan.

Apakah nasabah perlu memberikan uang muka sebagai jaminan akad murabahah dapat ditentukan berdasarkan kemampuan dari pembisnis. Pembayaran cicilan mengakibatkan adanya pengurangan arus kas disisi nasabah yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan mempertahankan kelangsungan hidup per periode.

Contoh soal pembiayaan murabahah terjadi ketika Rafinternet ingin mengajukan pembiayaan senilai Rp 92.000.000. Bank syariah memperkirakan jumlah pembiayaan yang terjadi adalah Rp 3.500.000.000 dan biaya operasional sebesar Rp 250.000.000. Hitunglah jumlah cicilan per bulan apabila bank syariah melalukan markup harga 10% dari total pembiayaannya?

Baca Juga: Cara Install Spss 26 Terbaru dengan Lisense Code

Cara Menghitung dan Rumus Cost Recovery

Cara menghitung dan rumus cost recovery bermanfaat bagi entitas dalam rangka memaksimalkan keuntungan jika nasabah tidak mampu melakukan pembayaran. Kegagalan pembayaran piutang mengakibatkan kerugian bagi bank syariah dan meningkatkan biaya operasional selama satu tahunnya.

Adapun rumus dan contoh perhitungan cost recovery adalah

Rumus Cost Recovery = (Pembiayaan murabahah oleh bank / Estimasi Total Pembiayaan per tahun) * Estimasi biaya operasi
Rumus Cost Recovery = (Rp 92.000.000 / Rp 3.500.000.000 ) * Rp 250.000.000
Rumus Cost Recovery = Rp 6.571.428

Cara Menghitung dan Rumus Markup Harga Bank

Contoh soal essay dan pilihan ganda akad murabahah merupakan bagian dari prosedur kerjasama bisnis. Markup harga dan cost recovery diutamakan agar entitas mendapatkan kepastian perihal total pembayaran yang akan diselenggarakan. Denda keterlambatan pembayaran harus diakui sebagai penambah dana kebajikan.

Adapun cara menghitung markup harga jual barang adalah

Rumus Markup Harga Barang = 10% x Rp 92.000.000
Rumus Markup Harga Barang = Rp 9.200.000

Cara Menghitung Angsuran per Bulan dalam Akad Murabahah

Cara menghitung angsuran per bulan dalam akad murabahah dapat menjadi pertimbangan bagi karyawan untuk menyelenggarakan kegiatan bisnis. Akad bisnis syariah harus dapat memberikan kepastian perihal total kekayaan yang harus dibayarkan agar dapat meningkatkan produktivitas karyawannya.

Adapun cara menghitung angsuran per bulan dan harga jual bank syariah kepada nasabah adalah

Harga Jual Bank Syariah = Total Pembiayaan Nasabah + Cost Revovery + Markup Harga
Harga Jual Bank Syariah = Rp 92.000.000 + Rp 6.571.428 + Rp 9.200.000
Harga Jual Bank Syariah = Rp 107.771.428
Periode Angsuran = 12 Bulan
Total pembayaran cicilan per bulan = Rp 8.980.952

Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil Bank Syariah

Demikian contoh soal essay dan pilihan ganda akad murabahah dalam kehidupan sehari-hari. Akuntansi syariah dapat dipergunakan dalam menjalankan transaksi berbisnis. Tujuan berbisnis adalah mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan mempergunakan sumber daya modal yang sedikit.

0 Response to "Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Akad Murabahah (Markup Harga dan Cost Recovery)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel