Cara Menghitung Cashback, Diskon dan Ppn Pembelian Barang di Excel

Konten [Tampil]

Cara menghitung cashback, diskon dan ppn pembelian barang di excel merupakan program pemasaran yang diberikan penjual aagar dapat meningkatkan hasil penjualannya. Cashback berbeda dengan diskon potongan harga sehingga adanya metode pencatatan yang disesuaikan dengan kebijakan akuntansi keuangannya.

Contoh soal pemberian cashback, diskon dan pemungutan ppn barang dan jasa kepada pembeli merupakan aturan yang diterapkan pemerintah. Cashback 10 persen artinya pembeli memperoleh 10 persen dari total  pembayaran yang diberikan. Diskon 10 persen artinya pembeli hanya membayarkan 90% dari total tagihannya.

Jurnal pembelian barang dengan diskon, ppn dan cashback bertujuan agar departemen pengadaan barang di perusahaan mendapatkan kesempatan dalam memperjuangkan informasi keuangannya. Langkah-langkah mencatat pembelian di accurate dan myob accounting bertujuan memudahkan proses input ppn masukan.

Cara Menghitung Cashback, Diskon dan Ppn Pembelian Barang di Excel

Perbedaan Cashback dan Diskon Potongan Harga

Cara menghitung cashback, diskon dan ppn pembelian barang di excel diwajibkan agar perusahaan mempersiapkan arus kas operasional. Perusahaan yang baik harus dapat membagi arus kas menjadi arus kas operasional, arus kas investasi dan arus kas pendanaan agar tidak terjadi permasalahan kesulitan keuangan untuk pembayaran.

Perbedaan cashback dan diskon potongan harga merupakan informasi dasar bagi perusahaan untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatan. Cashback 5 persen berapa rupiah bergantung pada total tagihan akhir. Cashback atau pengembalian uang akan diperlakukan sebagai pendapatan lain-lain yang terutang pajak penghasilan.

Apa itu cashback dan contoh transaksi dalam pembelian barang adalah mekanisme program pemasaran yang diberikan oleh perusahaan untuk meningkatkan minat investor baru. Cashback masuk ke akun other revenue. Contoh program komputer akuntansi yang dipakai di perusahaan manufaktur adalah accurate.

Baca Juga: Cara Input Cashback di Accurate atau Myob Accounting

Contoh Soal Pemberian Cashback dan Potongan Harga Pembelian Barang

Contoh soal pemberian cashback dan potongan harga pembelian barang merupakan informasi dasar bagi perusahaan untuk menyelenggarakan kegiatan bisnis. Laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi diperuntukkan agar perusahaan segera melaporkan seluruh pendapatan kepada negara untuk tujuan pemungutan pph.

Cara menghitung cashback, diskon dan ppn pembelian barang di excel harus dapat mengapresiasi kebutuhan arus kas perusahaan. Laporan arus kas yang baik adalah arus kas yang dapat mengatasi permasalahan keuangan. Semakin banyak modal kerja menunjukkan entitas memiliki pendanaan yang lebih bagus.

Contoh soal pemberian cashback dan potongan harga pembelian barang terjadi ketika PT Rafinternet membeli komputer server dengan harga kesepatan Rp 92.000.000. Terdapat ketentuan pembelian dimana akan diberikan cashback 10% dari total pembelian atau diskon Rp 7.800.000. Bagaimana cara mencatat transaksi pembelian secara perpetual tersebut?

Baca Juga: Cara Menghitung Cashback di Microsoft Excel

Jurnal Pembelian Barang dengan Diskon, PPn dan Cashback

Jurnal pembelian barang dengan diskon, ppn dan cashback merupakan fitur bagi penjual agar dapat meningkatkan kualitas pembelian dari customer. Customer adalah pihak luar perusahaan yang tertarik untuk membeli barangnya. Customer memiliki kewajiban melunasi tagihannya sebelum masa jatuh tempo.

Cashback Masuk Akun Apa? Bagaimana Pencatatannya

Cara menghitung cashback, diskon dan ppn pembelian barang di excel tentu akan menghasilkan bukti transaksi. Bukti transaksi terjadinya pemberian cashback ke pembeli adalah bukti transfer bank dan bukti pemotongan pph pasal 23. Setiap pendapatan yang diterima perusahaan menjadi objek pajak penghasilan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2023Komputer Rp 92.000.000
PPN masukan Rp 10.120.000
Kas Rp 102.120.000
(jurnal pembelian komputer secara tunai)
06/05/2023Kas Rp 9.016.000
PPh Pasal 23 Rp 184.000
Pendapatan Lain-Lain Rp 9.200.000
(jurnal mencatat cashback pembelian barang)

Diskon Potongan Harga Masuk Akun Apa?

Diskon potongan harga masuk ke akun kontra pendapatan. Akun kontra adalah akun yang memiliki sifat berkebalikan dari akun sebenarnya. Cara input potongan harga di accurate dapat menggunakan persentase ataupun nilai potongan harga langsung. Pengembalian uang karena kelebihan pembayaran bukan termasuk objek pajak penghasilan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2023Komputer Rp 24.000.000
PPN Masukan Rp 1.782.000
Potongan Pembelian Rp 7.800.000
Kas Rp 17.982.000
(Jurnal mencatat Pembelian Dengan Diskon)

Baca Juga: Apakah Cashback Termasuk Objek Pajak Penghasilan

Demikian cara menghitung cashback, diskon dan ppn pembelian barang di excel sesuai keberagaman perusahaan. Jurnal pencatatan pembelian harus disesuaikan dengan bukti transaksi dari penjual. Setelah mencatat pembelian, maka pembelian diwajibkan mencatat transaksi pembayaran tagihannya.

0 Response to "Cara Menghitung Cashback, Diskon dan Ppn Pembelian Barang di Excel"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel