Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap Sebab Rusak dan Dibuang

Konten [Tampil]

Contoh soal penghentian aktiva tetap sebab rusak dan dibuang adalah peristiwa perusahaan mengaplikasikan setiap pertumbuhan bisnis sesuai periode akuntansinya. Aset tetap adalah kekayaan perusahaan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dilihat berdasarkan prosedur pembelian.

Penyebab terjadinya penghentian pemakaian aset tetap tidak berwujud adalah kejadian di perusahaan yang meminimalisir resiko berkurangnya informasi keuangan. Laporan laba rugi komprehensif adalah informasi yang diperlukan entitas dalam menanggapi adanya prosedur keseimbangan aktiva dan passiva milik perusahaan.

Pencatatan jurnal untuk penghentian aktiva tetap jika memperoleh kerugian yang benar harus mengakui adanya biaya operasional. Pelepasan aset tetap bertujuan agar perusahaan tidak terlalu menampakkan informasi mesin, kendaraan dan bangunan saat mengajukan kredit pinjaman jangka panjang dan pendeknya.

Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap Sebab Rusak dan Dibuang

Apa yang Dimaksud Penghentian Aktiva Tetap

Pengertian penghentian aktiva tetap menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mengapresiasi setiap mesin, bangunan dan kendaraan yang dipergunakan dalam upaya mencari omzet penjualan. Pelepasan aset akan terjadi saat perusahaan menyetujui adanya pembubaran informasi keuangan sejalan dengan aktivitas bisnis.

Cara menghentian pemakaian aset tetap adalah dibuang, dihibahkan dan dirusak dalam kegiatan produksi. Semakin lama umur aset mengakibatkan adanya pengurangan kuantitas barang yang dihasilkan. Alasan perusahaan menghapus atau menjual aset tetap adalah mempertahankan modal kerja yang dimiliki untuk tujuan pembayaran tagihan.

Apa yang dimaksud penghentian aktiva tetap? Pelepasan aset adalah tindakan perusahaan mengupayakan adanya prosedur mendatangkan arus kas operasional. Pembelian aset adalah item laporan arus kas yang akan menambah jumlah investasi ditahun berjalan. Internal control aset tetap harus dialokasikan sesuai kebutuhan bisnisnya.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Cara Menghentikan Pemakaian Aset Tetap di Perusahaan

Cara menghentikan pemakaian aset tetap di perusahaan akan mempertimbangkan adanya kesempatan berbisnis. Setiap perusahaan memiliki sistem informasi keuangan yang dapat dialokasikan berdasarkan kesempatannya. Tujuan diadakannya penyusutan aktiva tetap adalah mempertahankan biaya perolehan per periodenya.

Suatu aktiva tetap dapat diberhentikan pemakaiannya apabila mengalami kerusakan fatal dan biaya pemeliharaan yang dikeluarkan cukup besar. Faktor yang berpengaruh terhadap beban penyusutan akan dialokasikan berdasarkan kesempatan berbisnis selama menyelenggarakan kegiatan produksinya.

Contoh soal penghentian aktiva tetap sebab rusak dan dibuang menjadikan entitas bertanggungjawab terhadap keuntungan dan kerugiannya. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap beban penyusutan aset adalah

  1. Biaya perolehan
  2. Metode penyusutan aktiva tetap
  3. Nilai Residu

Baca Juga: Langkah-Langkah Mencatat Pembelian Aktiva di Accurate

Contoh Soal Jurnal Penghentian Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal jurnal penghentian aktiva tetap dan jawabannya merupakan prosedur yang dilalui entitas untuk menghasilkan kesempatan berbisnis. Alokasi harga perolehan aktiva tetap pada periode-periode akuntansi dalam masa penggunaannya disebut depresiasi, deplesi atau amortisasi disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh soal penghentian pemakaian aset tetap terjadi ketika PT Rafinternet membeli modem wifi senilai Rp 2.500.000. Umur manfaat selama 2 tahun dan tanpa nilai sisa. Suatu aktiva tetap diberhentikan pemakaiannya apabila mengalami kerusakan yang memperlukan biaya pemeliharaan lebih besar.

Jika diakhir tahun pertama, modem wifi mengalami kebakaran sehingga rusak fatal. Bagaimana jurnal penyusutan aktiva tetap metode garis lurus dan jurnal penghentian pemakaiannya?

Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

Jurnal penyusutan aktiva tetap metode garis lurus akan dibentuk perusahaan saat membeli aset. Pembelian aset dikategorikan sebagai arus kas investasi. Tujuan penyusutan adalah meminimalisir adanya koreksi fiskal atas aktiva dan liabilitas pajak tangguhan. Adapun jurnal penyesuaian biaya penyusutan diakhir periode adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
13/03/2023Biaya Depresiasi Aktiva Tetap Rp 1.250.000
Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 1.250.000

Jurnal Penghentian Aktiva Tetap Karena Rusak dan Dibuang

Jurnal penghentian aktiva tetap karena rusak dan dibuang adalah peristiwa perusahaan tidak memanfaatkan kembali mesin, kendaraan dan bangunan yang telah dibelinya. Pencatatan jurnal untuk penghentian aktiva tetap jika memperoleh kerugian dan keuntungan yang benar adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
15/03/2023 Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 1.250.000
Biaya penghentian pemakaian aset tetap Rp 1.250.000
Modem Wifi Rp 2.500.000

Baca Juga: Tujuan Penyusutan Aset Tetap Menurut Para Ahli

Demikian contoh soal penghentian aktiva tetap sebab rusak dan dibuang dalam sistem informasi akuntansi. Setiap perusahaan berhak mengadakan prosedur penyusutan, pertukaran aktiva dan pelepasan aset menyesuaikan standar akuntansi yang diterapkan saat menyusun laporan keuangannya.

0 Response to "Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap Sebab Rusak dan Dibuang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel