Contoh Soal Anggota Sekutu Keluar Firma dan Meninggal Dunia

Konten [Tampil]

Contoh soal anggota sekutu keluar firma dan meninggal dunia merupakan tindakan persekutuan dalam rangka memperhitungkan goodwill dan bonus yang diberikan kepada sekutu tersebut. Apa penyebab persekutuan dibubarkan diantaranya terjadinya permasalahan keuangan dan hukum kepada pihak eksternal perusahaan.

Pengunduran diri sekutu harus diikuti dengan adanya aktivitas perubahan izin legalitas perusahaan. Contoh soal anggota sekutu keluar firma atau meninggal dunia harus memperhatikan persentase laba rugi yang dimiliki untuk memperhitungkan jumlah laba dan rugi yang dimiliki selama menjalankan aktivitas bisnis.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan adalah tindakan pembelian hak sekutu lama oleh sekutu baru sehingga keanggotaan firma berubah. Secara hukum, firma dikatakan dibubarkan saat terjadi perubahan nama anggota yang tercantum pada akta pendirian sehingga harus dibuatkan lagi untuk menjalankan operasionalnya.

Contoh Soal Anggota Sekutu Keluar Firma dan Meninggal Dunia

Masuknya Anggota Sekutu Baru dan Keluarnya Anggota Sekutu Lama

Masuknya anggota sekutu baru merupakan transaksi pertambahan modal perusahaan atas setoran kas dan setara kas milik pihak ketiga. Modal adalah jumlah dana kas yang diserahkan kepada perusahaan dalam rangka membantu aktivitas bisnis sehingga kekayaan yang dimilikinya bertambah guna membiayai investasi, pendanaan dan operasional.

Contoh soal anggota sekutu keluar firma dan meninggal dunia harus memperhatikan tingkat kerjasama bisnis. Mutasi modal adalah riwayat keluar masuknya barang ke perusahaan dalam rangka menghasilkan omzet pendapatan. Keseluruhan informasi keuangan harus dapat diaplikasikan berdasarkan standar akuntansi keuangan.

Pengunduran diri sekutu seharusnya menjadi dasar bagi lawan transaksi untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatan bisnis. Bagaimana jika terdapat sekutu yang meninggal dunia maka seluruh setoran kas dan setara kas harus diserahkan kepada ahli waris dan dianggap mengundurkan diri dari transaksi keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Likuidasi Persekutuan dan Jawabannya

Contoh Soal Anggota Sekutu Keluar Firma dan Meninggal Dunia

Contoh soal anggota sekutu keluar firma dan meninggal dunia merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka menjaga agar harta setoran dapat dilibatkan dalam perhitungan pajak penghasilan. Sekutu adalah pemilik perusahaan yang sekaligus menjadi karyawan untuk menjalankan aktivitas bisnis agar laba dapat meningkat.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan diawali dengan adanya pendirian firma sesuai standar akuntansi keuangan. Metode goodwill dan metode bonus dapat dipakai untuk memperhitungkan nilai lebih masing-masing sekutu yang diakui sebagai pengurang modal sekutu lainnya atau penambah harta tidak berwujud.

Contoh soal anggota sekutu keluar firma dan meninggal dunia terjadi saat firma adinda menyetujui keluarnya salah satu sekutu dengan pembagian laba rugi sebesar 3:4:7. Kegiatan operasionalnya berhasil mendapatkan laba sebesar Rp 34.000.000. Adapun total modal awal dan jumlah gaji yang harus dibayarkan adalah

Nama Anggota Jumlah Modal Awal Gaji
Adinda Rp47.000.000 Rp 9.280.000
Ayu Rp27.000.000 Rp 6.480.000
Alyana Rp8.000.000 Rp 1.920.000

Baca Juga: Contoh Penerapan Just in Time pada Perusahaan Manufaktur

Cara Menghitung Modal Awal dan Modal Akhir Persekutuan

Cara menghitung modal awal dan modal akhir persekutuan dapat menjadi pertimbangan kekayaan perusahaan untuk merepresentasikan seluruh pencapaian yang dimilikinya. Setiap entitas berhak mengadakan kerjasama bisnis untuk menilai komponen laporan keuangan dan kinerja per periodenya.

Contoh soal anggota sekutu keluar firma dan meninggal dunia dapat menjadi pertimbangan kekayaan perusahaan untuk memperlihatkan kemungkinan bisnis yang muncul. Tujuan firma adalah memastikan para sekutu mendapatkan imbal balik sesuai setoran modal dan kinerjanya selama perusahaan berdiri.

Adapun cara menghitung modal awal dan modal akhir persekutuan sebelum anggota sekutu keluar firma adalah

Keterangan Adinda Ayu Alyana
Gaji Rp9.280.000 Rp 6.480.000 Rp1.920.000
Pembagian laba rugi Rp87.389.091 Rp98.312.727 Rp 54.618.182
Modal Awal Rp47.000.000 Rp27.000.000 Rp8.000.000
Modal Akhir Rp 143.669.091 Rp131.792.727 Rp 64.538.182

Pengunduran diri sekutu dapat menghasilkan goodwill dan bonus bergantung nilai lebih yang dimilikinya. Apabila sekutu Alyana diakui modal akhir sebesar Rp 65.000.000. Berapakah bonus yang diberikan kepada sekutu yang keluar tersebut?

Keterangan Bonus Keluarnya Anggota Sekutu
Adinda Rp217.326
Ayu Rp244.492

Jurnal mencatat keluarnya anggota sekutu lama karena meninggal dunia atau kesulitan keuangan yang dialami persekutuan adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
08/12/2023 Modal Adinda Rp217.326
Modal Ayu Rp244.492
Modal Alyana Rp64.538.182
Kas Rp 65.000.000

Baca Juga: Download Format Laporan Posisi Keuangan dan Laba Rugi Persekutuan

Demikian contoh soal anggota sekutu keluar firma atau meninggal dunia dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Pengunduran diri sekutu diharapkan mampu meningkatkan kualitas persekutuan dalam hal pengambilan keputusan taktis sesuai keberlangsungan hidup perusahaan selama aktivitas bisnis dijalankan.

0 Response to "Contoh Soal Anggota Sekutu Keluar Firma dan Meninggal Dunia"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel