✓ Cara Menghitung ROA di laporan Keuangan

Cara menghitung roa pada laporan keuangan bank merupakan salah satu pertanyaan ketika kita akan melakukan pengujian pada skripsi di bab 4 dan 5. Analisisfundamental saham yang digunakan adalah analisis return on saham (ROA). Bagaimana jika anda belum mengetahui tentang ROA, Analisa ROA dan Cara Mencari ROA di Laporan keuangan sebuah perusahaan.

Nah Cara Mencari ROA di Laporan Keuangan sering dijadikan pertanyaan oleh banyak orang. ROA merupakan sebuah analisis dimana tidak akan langsung muncul pada laporan keuangan.

ROA adalah sebuah analisis untuk mencari keuntungan perusahaan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Dikarenakan laporan keuangan tidak menampilkan rasio-rasio secara implisit maka anda harus menghitung sendiri pada laporan keuangan yang mereka punyai.

Nah, RoA itu cara menghitung sendiri bagaimana ya? Cara mudah mencari roa pada laporan keuangan sebagai berikut.

1. mengerti Cara Menghitung Roa.

Rumus roa yang benar adalah Laba Bersih dibagi dengan Total Aset atau Rata-rata Aset yang dimiliki. Oleh karena itu, anda harus mencari nilai laba bersih dan total aset yang dimiliki perusahaan pada tahun berjalan dan tahun sebelumnya. Agar dapat mengetahui laba bersih anda harus mencari di laporan laba rugi komprehensif dan mencari rata-rata aset adalah di laporan posisi keuangan.

Cara Menghitung ROA Pada Laporan Keuangan.

Cara menghitung roa pada laporan keuangan bank anda diharuskan melihat laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan. Nah disini saya akan menggunakan salah satu laporan keuangan perusahaan ya.

Cara mencari laba bersih pada laporan laba rugi komprehensif adalah anda hanya melihat laba tahun berjalan atau rugi tahun berjalan. Jangan sampai terjebak dengan laporan laba komprehensif ya.

✓ Cara Menghitung ROA di laporan Keuangan

Setelah itu, anda dapa mencari rata-rata total aset dengan cara melihat total aset masa sekarang dengan masa sebelumnya ya.

✓ Cara Menghitung ROA di laporan Keuangan

Mencari Roa di Laporan Keuangan dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Laba bersihnya adalah sebesar Rp976.273.356.597. Rata-rata total aset yang dimiliki adalah (Rp5.321.180.855.541 + Rp4.428.840.550.479) / 2 = Rp4.875.010.703.010.

Sehingga ROA laporan keuangan  dapat dihitung sebagai berikut: Laba bersih / rata2 aset total = Rp976.273.356.597  / Rp4.875.010.703.010 = 0,2 kali atau 20%.

Nah Cara Mencari ROA pada laporan keuangan perusahaan bank atau perusahaan dagang dan jasa telah selesai ya

0 Response to "✓ Cara Menghitung ROA di laporan Keuangan"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel