Cara mengetahui Jumlah VRAM di PC / Laptop dengan Mudah

Cara Mengetahui jumlah VRAM di PC / Laptop dengan mudah, Vram Kepanjangan dari Video Random Access Memory yang merupakan salah satu jenis memory berkarakteristik GPU yang mempunyai kegunaan yang sama seperti RAM. Walaupun begitu, Perbedaan antara RAM dan VRAM adalah Ram hanya digunakan untuk menyimpan data sementara dari Cpu sedangkan Vram digunakan untuk menyimpan data sementara dari GPU yakni dalam hal yang berkaitan dengan grafis.

Nah cara mengetahui jumlah vram di pc ini biasanya digunakan oleh para gamer atau software editor yang tentunya membutuhkan jumlah GPU yang mumpuni agar proses pengeditan menjadi lancar, apabila ketika dijalankan terasa ada yang patah-patah itu sering disebut dengan lag. Jadi kemungkinan GPU anda mempunyai VRAM yang kecil sehingga tidak bisa menjalankan program desain grafis bahkan bermain game besar.

Setiap game tentunya membutuhkan Vram yang termasuk dalam minimum system requirement atau spesifikasi minimal agar program dapat berjalan dengan lancar. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin besar VRAM maka akan meningkatkan kelancaran performa grafis di Laptop. Walaupun begitu kita tidak boleh hanya berfikir untuk meningkatkan jumlah Vram saja ya. Melainkan harus juga mempertimbangkan perpaduan antara CPU, GPU, Harddisk.



Pengertian Vram

Vram adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai alat penyimpan sementara yang berguna untuk menyimpan data dari GPU. Semakin banyak vram maka semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah komputer.

Pengertian Ram

Pengertian Ram adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara atau tidak permanen yang berasal dari data GPU. Semakin banyak RAM maka semakin baik untuk kecepatan pemrosesan komputer anda.

Perbedaan Antara Ram dan Vram

Perbedaan antara ram dan vram, berdasarkan pengertian diatas maka Ram hanya digunakan untuk menyimpan data sementara dari Cpu sedangkan Vram digunakan untuk menyimpan data sementara dari GPU yakni dalam hal yang berkaitan dengan grafis.

Cara Mengetahui Jumlah Vram di Windows 10

Cara mengetahui jumlah Vram di  windows 10, berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Klik tombol search > ketikan DXDIAG dan klik file tersebut.
Cara mengetahui Jumlah VRAM di PC / Laptop dengan Mudah

  • Klik display 2 untuk VGA dedicated dan display 1 untuk VGA intel.
Cara mengetahui Jumlah VRAM di PC / Laptop dengan Mudah

  • Lihatlah pada tulisan Display Memory itulah jumlah Vram yang anda miliki pada komputer tersebut.

Cara Mengetahui Jumlah Vram di Windows 7 & Windows 8

Cara mengetahui jumlah Vram di windows 7, windows 8, windows 8.1 adapun langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut.
  • Klik kanan pada Desktop > Screen Resolution.
Cara mengetahui Jumlah VRAM di PC / Laptop dengan Mudah

  • Klik Custom Resolution > Advanced Setting.
Cara mengetahui Jumlah VRAM di PC / Laptop dengan Mudah

  • Kemudian pilih tab Adapter > Dedicated display memory.
Cara mengetahui Jumlah VRAM di PC / Laptop dengan Mudah


Nah cara mengetahui jumlah vram di pc ternyata mudah kan, silahkan anda coba ya.

0 Response to "Cara mengetahui Jumlah VRAM di PC / Laptop dengan Mudah"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel