Alat Pelindung Diri di Laboratorium Beserta Gambarnya

Alat Pelindung Diri di Laboratorium Beserta gambarnya merupakan peralatan pelindung pekerjaan yang harus digunakan oleh seseorang pekerja agar melindungi dirinya dari kontaminasi lingkungan sekitar. APD di dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Personal Protective Equipment yang mempunyai arti peralatan yang dikenakan harus dapat memproteksi diri sang pemakai. Contoh alat pelindung diri adalah pelindung telinga atau bearing protective yang dapat melindungi telinga pemakai dari transmisi kebisingan, masker berfungsi untuk memfilter kontaminasi udara serta jas laboratorium berfungsi untuk memberikan perlindungan dari kontaminasi bahan kimia.


Alat Pelindung Diri di Laboratorium Beserta Gambarnya


Alat Pelindung Diri.

Alat pelindung diri di laboratorium dapat berupa alat sederhana hingga yang terlengkap, contohnya adalah baju yang menutupi seluruh tubuh pemakainya yang dilengkapi beberapa fitur seperti alat bantu pernafasan, serta masker khusus. Perlengkapan seperti baju kerja atau sering disebut seragam yang tidak secara spesifik dapat melindungi diri dari resiko keselamatan dan kesehatan seperti K3. Pemakaian alat pelindung diri berfungsi sebagai alat mengurangi resiko dan bahaya ditempat kerja.

Alat Pelindung Badan.

Alat pelindung diri di laboratorium dapat berupa alat pelindung badan seperti jas laboratorium. Jas laboratorium merupakan salah satu alat pelindung diri yang perlu digunakan oleh pekerja yang bekerja di lingkungan laboratorium. Artinya jas lab tidak hanya digunakan oleh para analisa tetapi juga diberikan kepada pekerja lainnya yang ada di laboratorium. Penggunaan jasa laboratorium biasanya sudah dijadikan seragam wajib untuk dapat masuk ke laboratorium.

Jas laboratorium berfungsi agar terhindar dari beberapa paparan atau percikan bahan kimia yang digunakan sehingga anda tidak disarankan membuat jas laboratorium dalam bentuk lengan pendek.

Alat Pelindung Kepala.

Alat Pelindung kepala merupakan alat pelindung yang berfungsi agar melindungi kepala dari benturan , kejatuhan atau terpukul benda tajam atau keras yang melayang atau meluncur di udara bahkan terpapar oleh radiasi yang disebabkan panas, api, percikan bahan kimia, jasad remuk serta suhu yang ekstrim.

Alat pelindung kepala berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan atau yang lain, selain itu juga berfungsi untuk menjaga kebersihan rambut dan kepala.

Alat Pelindung Mata Dan Muka.

Alat pelindung mata dan muka berfungsi untuk melindungi mata dan muka dari kontaminasi lingkungan. Ada beberapa alat keselamatan kerja di laboratorium adalah.
  • Perisai Wajah.
Perisai Wajah berfungsi untuk menghindari adanya potensi paparan zat kimiawi, benda yang berterbangan serta juga sinar UV terhadap wajah ketika bekerja.
  • Safety Glasses.
Sefety glasses berfungsi sebagai alat perlindungan untuk mata ketika bekerja di dalam laboratorium atas benda-benda yang berterbangan.
  • Safety Goggles.
Safety Goggles berfungsi sebagai alat perlindungan diri di laboratorium dari kemungkinan terkena cipratan, kabur ataupun semprotan zat kimia yang bisa menyerang mata.

Alat Pelindung Telinga.

Alat Pelindung Telinga adalah alat pelindung diri yang berfungsi untuk melindungi alat pendengaran terhadap kebisingan atau tekanan. Ada beberapa jenis alat pelindung telinga yaitu sumbat telinga dan penutup telinga.

Alat Pelindung Diri yang disarankan atas telinga adalah yang mempunyai level kebisingan diatas 85 dB atau lebih dan wajib digunakan ketika mencapai 90 dB lebih.

Alat Pelindung Tangan.

Alat Pelindung tangan berfungsi melindungi tangan dari serangan yang tidak diinginkan seperti teriris atau yang lainnya. Contoh alat pelindung tangan adalah.
  • Sarung tangan asbes.
Sarung tangan asbes berfungsi untuk melindungi tangan dari bahaya pembakaran api. Sarung tangan ini cocok untuk digunakan ketika mau memagang peralatan yang panas contohnya mengelas.
  • Sarung Tangan Kulit.
Sarung tangan kulit berfungsi untuk memberikan perlindungan dari ketajaman sudut di pekerjaan pengecoran. Peralatan ini harus dipakai ketika mengangkat atau memegang bahas tersebut.
  • Sarung tangan karet.
Sarung tangan karet berfungsi untuk melindungi bahaya pembakaran asam atau cairan terutama pada pekerjaan pelapisan logam. Sarung tangan berfungsi melindungi kerusakan kulit tangan karena menggunakan alat tersebut.

Alat Pelindung Kaki.

Alat Pelindung kaki merupakan bagian dari alat Pelindung Diri di laboratorium yang berfungsi untuk melindungi kaki dadi timpaan benda berat, keras atau tajam. Bahkan benda yang memiliki suhu panas bahkan dingin serta bahan kimia beracun.

Nah alat pelindung diri di laboratorium beserta gambarnya sudah saya sampaikan ya kawan.

0 Response to "Alat Pelindung Diri di Laboratorium Beserta Gambarnya"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel